Beredar Poster Dukungan Gibran jadi Ketum Golkar, Hasto: Kedaulatan Itu Bukan di Puncak Kekuasaan!

JABAR EKSPRES – Pasca lengsernya Airlangga Hartarto dari posisi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, sejumlah nama mulai diisukan sebagai pengganti. Hingga beredar di media sosial, poster dukungan terhadap Gibran Rakabuming Raka menjadi Ketum Golkar.

Menanggapi hal itu, Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto berharap agar partai politik tetap menjaga kedaulatan partai.

“Kami, PDI Perjuangan, mendoakan agar partai politik, setiap partai politik, betul-betul dapat menjaga kedaulatannya yang berada di tangan anggota. Kedaulatan itu bukan berada di puncak kekuasaan,” kata Hasto kepada wartawan di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (11/8/2024).

BACA JUGA:Airlangga Mundur, Warganet: Jalan Mulus Bahlil Kuasai Golkar

Dalam poster tersebut, terdapat foto putra Presiden Joko Widodo disertai tulisan Deklarasi Gibran Rakabuming Raka for Ketum Golkar 2024-2029.

Selain itu, Hasto menilai munculnya poster Gibran menjadi Ketua Umum Golkar menunjukkan motif politik. “Kemudian ada yang menggunakan itu bagi kepentingan kekuasaan,” ujar Hasto.

Petinggi partai berlogo kepala banteng itu juga menyebut bahwa kabar pengunduran diri Airlangga Hartarto, telah sampai ke Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Caravan Mobile, Pj Sekda KBB: Tanya Dinkes

“Hal tersebut sangat mengejutkan karena ini dalam rangka pilkada serentak, dan muncul kejadian politik yang dalam kategori kami suatu hal yang luar biasa yang menyentuh aspek kedaulatan partai,” katanya.

Menurutnya, mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut merupakan rekan yang mampu membangun kerja sama politik yang baik.

“Di pilkada, kami banyak bekerjasama dengan Partai Golkar,” ujarnya.

Sementara itu, Airlangga Hartarto mengumumkan pengunduran dirinya melalui video yang secara resmi disiarkan Partai Golkar di Jakarta, Minggu (11/8).

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, serta atas petunjuk Tuhan Yang Maha Besar, maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai ketua umum DPP Partai Golkar,” kata Airlangga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan