Rizki Juniansyah Ungkap Bangga dan Sangat Emosional Usai Raih Medali Emas Kedua untuk Indonesia 

JABAR EKSPRES – Atlet angkat besi putra Indonesia Rizki Juniansyah mengatakan sangat emosional saat berhasil meraih medali emas Olimpiade Paris 2024 dan mencatatkan sejarah hingga menetaskan air mata.

Rizki meraih emas angkat besi kelas 73kg putra di South Paris Arena pada Kamis malam waktu setempat atau Jumat dini hari WIB tadiu, dengan total angkatan 354kg berupa angkatan snatch 155 kg dan angkatan clean and jerk 199 kg yang memecahkan rekor angkatan clean and jerk Olimpiade.

“Saya senang, bangga dan sangat emosional memenangi ini, medali emas pertama saya dan menciptakan sejarah,” kata Rizki dikutip dari Antara, Jumat (9/8/24)

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas dukungannya, kepada yang menonton di rumah,” lanjutnya

BACA JUGA : Klasemen Medali Olimpiade Paris 2024: Indonesia Naik ke Peringkat 28 

“Tidak ada kata-kata yang dapat menggambarkan perasaan saya. Anda melihat saya menangis karena ini merupakan pengalaman yang emosional dan indah, dan saya sudah menatap masa depan,” katanya

Rizki mengawali kompetisi dengan angkatan snatch 155kg. Hasil itu membuatnya tertinggal 10kg dari lifter China Shi Zhiyong dan 1kg di belakang lifter Venezuela Julio Mayora Pernia setelah fase pertama kompetisi.

Namun, Shi dan Mayora Pernia gagal mencatatkan kemenangan di bagian clean and jerk. Hal itu membuat juara dunia tiga kali dan peraih medali emas bertahan Shi tersingkir dari pertimbangan medali bersama Mayora Pernia.

Dengan tersingkirnya kedua rival besar tersebut, Rizki berkesempatan besar meraih medali emas.

Lifter berusia 21 tahun itu menyelesaikan angkatan pertamanya dengan berat 191kg. Ia kemudian menambah beban menjadi 199 kg pada percobaan kedua dan berhasil diselesaikan dengan gemilang.

Beban angkatan Rizki tersebut sekaligus memecahkan rekor angkatan clean and jerk Olimpiade.

Perolehan medali emas yang ditorehkan Rizki menambah koleksi medali bagi tim Indonesia menjadi dua medali emas, satu emas sebelumnya disabet atlet panjat tebing Veddriq Leonardo, serta satu perunggu yang ditorehkan atlet bulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan