Perkuat AHYPP, Yayasan AHM Dorong UMKM Bengkel Binaan Naik Kelas

JABAR EKSPRES – Sebanyak 21 anak muda yang tergabung dalam Astra Honda Youthprenurship Program (AHYPP) mendapatkan pengayaan kompetensi dalam membangun usaha bengkel otomotif yang kekinian sesuai perkembangan teknologi dan kebutuhan pencinta sepeda motor di Indonesia. Program yang diselenggarakan Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) ini merupakan bentuk dukungan dalam mengantarkan wirausaha muda untuk berkontribusi dalam peningkatan lapangan pekerjaan dan memajukan perekonomian wilayah sekitar usaha.

Program penguatan AHYPP berlangsung di Training Center Astra Motor Bali selama tiga hari (4-6/8) dengan tema “Satu Hati Menuju Kemandirian Ekonomi”. Pada kegiatan ini, seluruh peserta pun semakin diperkuat kompetensinya melalui pendalaman materi seputar teknologi sepeda motor listrik, kompetensi kemampuan pengembangan bisnis bengkel, hingga pengelolaan limbah bengkel. Pengetahuan dasar sepeda motor listrik yang diberikan langsung oleh Technical Training Instruktur Astra Motor Bali meliputi perkembangan sepeda motor listrik Honda yang disematkan pada Honda EM1 e:, penanganan sepeda motor listrik dari sisi keamanan, jenis-jenis motor penggerak, hingga pengetahuan terkait baterai sepeda motor listrik.

BACA JUGA: Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Yayasan AHM Tanam Puluhan Ribu Mangrove

Dalam upaya peningkatan bisnis bengkel tingkat lanjut, para peserta AHYPP juga diajak untuk saling bertukar pengalaman dalam kunjungan ke salah satu yang bengkel binaan program AHYPP yang telah sukses, yaitu Esta Garage dan Bali Motor. Bengkel yang berlokasi di Canggu dan Karangasem ini telah berhasil menunjukkan kinerja hasil binaan di AHYPP melalui performa omzet hingga ratusan juta. Untuk menginspirasi para peserta AHYPP lainnya di bengkel ini, Yayasan AHM mengajak para peserta meningkatkan pengetahuan dalam pengembangan varian layanan yang diberikan kepada konsumen, seperti restorasi, layanan painting, cuci motor, dan sewa unit motor. Melengkapi berbagai materi pokok yang diberikan, peserta juga mendapatkan edukasi seputar manajemen risiko dan manajemen keuangan yang didukung dengan materi entrepreneur mindset.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin menyampaikan akan terus berkomitmen dalam mendampingi para UMKM binaan AHYPP untuk naik kelas hingga menjadi bengkel yang mandiri dan berkelanjutan selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan