Kenaikan Harga Pangan di Kota Bandung Dinilai Masih Fluktuatif

JABAR EKSPRES – Sejumlah harga komoditas pangan mengalami kenaikan. Mulai dari harga cabai hingga bawang merah, hingga saat ini diketahui mulai mencapai harga lumayan tinggi. Hal tersebut dialami juga para pedagang di Kota Bandung.

Kendati demikian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, kenaikan harga yang saat ini terjadi dinilai masih fluktuatif. Naik dan turun. Selebihnya berada dalam harga yang relatif stabil.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Kemetrologian Disdagin Kota Bandung, Meiwan Kartiwa, saat dikonfirmasi Jabar Ekspres.

BACA JUGA: Komitmen Maccaferri Melestarikan Lingkungan Diwujudkan dalam CSR Perbaikan Longsor Tebing Yayasan Al-Husainiyyah Muthoyyibah

“Kalau pantauan kami, harga tetap relatif stabil. Tidak terjadi lonjakan harga signifikan. Memang dari dua minggu kemarin, harga stabil dan bahkan relatif turun,” ungkap Meiwan kepada wartawan, belum lama ini.

Dirinya tidak menampik apabila ada kenaikan harga. Terlebih mengingat musim kemarau panjang seperti diketahui sudah terjadi sejak awal bulan. Kenaikan itu tampak dari harga cabai rawit dan sejumlah komoditas lain.

“Tapi ada juga yang tetap, seperti beras dan daging. Telor ayam. Ada juga yang mengalami kenaikan. Dari cabe rawit merah. Ini fluktuasi. Naik turun tapi lonjakan tidak signifikan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Fakta Apakah Aplikasi SAI AI Benar-Benar Aman untuk Digunakan?

Sementara itu, dia merincikan, harga beras medium masih berkisar 13.000 ribu per kilogram (kg), beras premium 15.000 per kg. Adapun harga cabai rawit rata-rata Rp74 ribu, cabai hijau Rp62.000.

Saat disinggung soal penyebab kenaikan, selain musim kemarau dan pasokan produksi menurun. Dia menjelaskan bahwa kenaikan harga terjadi akibat kondisi nilai komoditas pangan yang fluktuatif.

“Tergantung pedagangnya. Misalnya cabai merah keriting ada yang jual Rp40-60 ribu. Lalu bawang merah hingga Rp28 ribu. Sementara bawang putih Rp38-45 ribu. Rata-rata seperti itu harga mereka jualan,” tandasnya.

BACA JUGA: Mengungkap Misteri Penemuan Dua Kerangka Ibu dan Anak di Bandung Barat, Polisi Tunggu Hasil Forensik

Diketahui harga cabai rawit hijau terus mengalami fluktuasi harga di pasar Kota Bandung. Bahkan, harganya kini mencapai Rp 90.000 perkilo, naik Rp 10.000 dari pekan lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan