Atlet Renang Australia Kaylee McKeown Pertahankan Mendali Emas Olimpiade dalam Nomor 100M Gaya Punggung

JABAR EKSPRES – Perenang Australia Kaylee McKeown mempertahankan mahkota Olimpiade-nya dalam nomor 100m gaya punggung putri untuk mengalahkan pemegang rekor dunia Regan Smith dari Amerika Serikat.

McKeown memecahkan rekor Olimpiade dengan 57,33 detik, setelah memacu kecepatan setelah sempat tertinggal pada posisi keempat dalam 50m pertama.

Perenang Australia yang dalam Olimpiade Tokyo 2020 memenangkan emas nomor 100m dan 200m gaya punggung putri, seketika mempercepat diri pada 50m terakhir untuk meninggalkan lawan-lawannya.

Regan Smith pun harus puas dengan medali perak, sedangkan Kathharine Berkoff yang juga dari Amerika Serikat dan putri dari legenda renang David Berkoff, meraih medali perunggu.

BACA JUGA : Diananda Amankan Satu Tiket di Babak Eliminasi 1/16 Nomor Individu Recurve Putri Olimpiade Paris 2024

Kemenangan yang mengesankan ini menguatkan status McKeown sebagai spesialis gaya punggung yang mendominasi nomor ini setelah pada Juni lalu Smith memecahkan rekor dunia atas namanya.

Perenang Amerika Serikat Natalie Coughlin adalah satu-satunya perenang yang menyamai McKeown memenangkan dua medali emas dalam nomor ini.

Dalam kejuaraan dunia renang pada 2023, McKeown merajai 50m, 100m, dan 200m gaya punggung putri.

Kemenangannya mengukuhkan dominasi para perenang putri Australia dalam Olimpiade 2024.

Sebelumnya Australia juga mendapatkan emas dari Ariarne Titmus pada 400m gaya bebas putri, Mollie O’Callaghan pada 200m gaya bebas putri, dan estafet 4x100m gaya bebas putri.

“Anda tahu, tim Australia sudah berjuang dengan hebat sejauh ini setelah Arnie dan Molly. Sungguh terharu melihat rekan-rekan satu tim saya,” kata McKeown seperti dikutip dari Antara, Jumat (31/7/24).

McKeown dan Smith akan kembali adu cepat dalam nomor 200m gaya punggung.

Perak yang diraih Smith adalah yang ketiga setelah dua perak dan satu perunggu di Tokyo 2020.

Tinggalkan Balasan