7 Tradisi Unik Peringatan 17 Agustus di Berbagai Daerah

JABAR EKSPRES – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ternyata memiliki banyak keunikan, terutama tradisi di masing-masing daerah. Di Indonesia beragam tradisi unik 17 Agustus masih terus dilestarikan sehingga menjadi budaya yang patut dibanggakan.

Tradisi unik 17 Agustus memang berbeda disetiap daerah,namun ada yang konsepnya hampir sama dengan nama yang berbeda saja.

Seperti tradisi tirakatan di Jawa dan Barikan di Malang, atau tradisi pawai Jampana di Bandung dengan kirab merdeka dibeberapa wilayah di Jawa.

Keunikan-keunikan tradisi ini masih terus digelar karena dinilai banyak manfaatnya, selain menjaga budaya tradisional, memupuk jiwa nasionalisme, juga bisa mempererat silaturahmi antar waga.

Baca juga :  25 Ide Lomba 17 Agustus Unik Khusus Bapak-Bapak Dijamin Seru

Berikut 7 tradisi unik peringatan 17 Agustus yang amsih dilestarikan masyarakat di daerah.

1. Lomba Dayung dari Banjarmasin

Lomba Dayung Perahu Naga sudah rutin digelar sejak tahun 1924 di Sungai Martapura.

Selain sebagai perayaan memperingati HUT Kemerdekaan RI juga untuk berguna untuk menyaring bibit-bibit pendayung andal sebagai olahraga andalah wilayah tersebut.

2. Tradisi Pacu Kude dari Aceh

Tradisi ini merupakan tradisi yang sudah dilestarikan sejak jaman kolonial Belanda. Awalnya hanya permaian rakyat saja namun akhirnya menjadi ajang resmi yang digelar oleh pemerintahan setempat.

Hal ini karena Pacu Kude dianggap sebagai simbol dari perjuangan rakyat untuk mendapatkan kemerdekaan.

3. Malam Tirakatan dari Jawa

Tradisi ini biasanya digelar pada malam menjelang 17 Agustus, biasanya semua warga masyarakat berkumpul disatu temoat dan menggelar doa bersama yang dipimpin oleh para sesepuhnya.

Selain doa bersama, biasanya juga ada acara mengenang kisah perjuangan pahlawan dari para sesepuh yang hadir, dan diakhiri dengan syukuran kemerdekaan dengan potong tumpeng dan makan bersama.

4 Barikan dari Malang.

Tradisi ini mirip dengan Tirakatan, dimana ada acara doa bersama dari seluruh warga masyarakat yang digelar apda tanggal 16 Agustus malam.

Baca juga : Contoh Teks Pembawa Acara  17 Agustus  untuk MC

5. Pawai Jampana, Bandung

Merupakan salah satu tradisi yang cukup unik dari tanah Sunda dalam memeriahkan perayaan kemerdekaan RI.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan