Berikut Cara Tepat Mengganti Baterai Smart Key

JABAR ESKPRES – Seiring dengan pesatnya perkembangan fitur dan teknologi yang diaplikasikan pada sepeda motor di Indonesia, kini beberapa sepeda motor matik Honda sudah dilengkapi dengan teknologi Honda Smart Key. Honda Smart Key adalah sistem kunci pintar tanpa anak kunci yang memanfaatkan remote control untuk mengoperasikannya.

Teknologi ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan, tetapi juga keamanan sepeda motor Anda. Dengan Honda Smart Key, Anda dapat menghidupkan mesin, membuka jok, dan mengunci stang hanya dengan menekan tombol pada remote, tanpa perlu menggunakan kunci fisik

Remote ini menggunakan baterai sebagai sumber daya untuk mengirimkan sinyal ke sistem dalam sepeda motor. Seiring pemakaian, daya baterai akan melemah sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, “Salah satu petunjuk bahwa daya baterai Smart Key melemah adalah lampu indikator yang akan berkedip 5 kali saat tombol diputar ke posisi ON. Atau bisa juga pengoperasian Smart Key menjadi tidak stabil. Jika pengguna sepeda motor Honda yang sudah menggunakan fitur Honda Smart Key dan menemukan salah satu dari indikasi tersebut, segera ganti baterainya.”

Penggantian baterai sebaiknya dilakukan di bengkel resmi Honda atau AHASS agar dikerjakan oleh tenaga ahli bersertifikasi Honda. Tapi jika terpaksa melakukan sendiri, perhatikan langkah-langkah berikut  :

  1. Lepas Casing dengan Benda Tipis

Lepas casing Smart Key bagian atas dengan menyelipkan benda pipih seperti koin atau obeng minus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan penggantian baterai sendiri :

  • Lapisi koin atau ujung obeng dengan kain untuk melindungi casing Smart Key agar tidak tergores.
  • Usahakan jangan menyentuh circuit atau terminal. Hal tersebut dapat menyebabkan masalah.
  • Lakukan proses tersebut di tempat yang bersih untuk menghindari masuknya debu ke bagian dalam Smart Key dan berhati-hatilah jangan sampai penutup anti airnya tergores.
  • Jangan membuka paksa casing Honda Smart Key karena bisa terjadi kerusakan pada cover atau bagian lainnya.
  1. Posisi Baterai Jangan Terbalik

Saat mengganti baterai lama dengan yang baru, perhatikan posisi baterai dengan sisi negatif ( – ) menghadap ke atas.

Tinggalkan Balasan