Penjelasan Kepala Terminal Terkait Tahun Depan Terminal Cicaheum Tidak Beroperasi Lagi

JABAR EKSPRES — Operasional Terminal Bus Cicaheum bakal dihentikan mulai tahun 2025 mendatang. Keputusan itu diambil pemerintah, menyusul rencana pembangunan Depo Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya.

Keputusan tersebut diambil pemerintah melalui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI). Oleh karena itu, seluruh aktivitas terminal Bus tipe A Cicaheum dalam waktu dekat bakal tidak ada lagi.

Adapun pelayanan angkutan bus baik Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang selama ini disediakan di Terminal Bus Cicaheum, akan dialihkan ke Terminal Bus Tipe A Leuwipanjang.

BACA JUGA: Persib VS Persis: Laga Penentuan Satu Tiket Semifinal

Kepala Terminal Bus Cicaheum, Roni Hermanto membenarkan informasi tersebut. Kendati demikian, dirinya tak berkenan menjelaskan secara rinci berkenaan dengan rencana penutupan Terminal Cicaheum.

“Informasi penutupan itu memang benar, tetapi teknisnya seperti apa, saya kurang paham. Itu kewenangan Kementerian dan Dishub Provinsi,” kata Roni melalui pesan tertulis yang diterima, pada Rabu (24/7).

Terminal Bus Cicaheum masih melayani sejumlah trayek AKAP dan AKDP tujuan ke arah timur kota Bandung. Sebanyak 55 trayek AKAP dan 40 trayek AKDP masih melayani penumpang dari terminal Cicaheum.

BACA JUGA: Ini Hunian Vertikal Apartemen Transit yang Dikelola UPTD P3JB di Jabar

Sementara saat ini, jumlah penumpang sendiri saat ini rata-rata 700 penumpang AKAP dan AKDP pada hari biasa. Sementara untuk akhir pekan, mencapai 900-1.000 penumpang.

Dia menambahkan, pembahasan mengenai perencanaan pembangunan Terminal Cicaheum, sebetulnya, sudah sejak lama dibicarakan. Termasuk diantaranya yang sempat dilontarkan Walikota Bandung periode 2013-2018, Ridwan Kamil.

“Tentang pembangunannya, saya kurang paham. Termasuk juga apa penghentian operasi AKAP AKDP tadi langsung pada tahun 2025. Yang jelas, Terminal ini nantinya hanya untuk Depo Bus BRT Bandung Raya. Itu saja yang saya tahu,” pungkasnya.

BACA JUGA: Cara Pengajuan dan Tabel Angsuran KUR BRI 2024 Plafon hingga Rp100 Juta

Perlu diketahui, Terminal Cicaheum ini adalah terminal kedua di kota Bandung yang akhirnya harus berhenti beroperasi. Sebelumnya, Terminal Bus Kebon Kalapa yang lebih dulu hilang dan berubah menjadi pusat perdagangan modern. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan