Pendaftaran CPNS 2024 Kapan Dibuka? Ini Bocorannya

JABAR EKSPRES – Pendaftaran CPNS 2024 kapan dibuka? Itulah yang saat ini dipertanyakan oleh pelamar kerja.

Untuk menjawab pertanyaan tersersebut, calon aparatur sipil negara (CASN) untuk tahun 2024 yang mencakup calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), direncanakan pendaftaran akan dimulai pada Juli 2024.

Baca juga : Catat! Persyaratan Penting Pendaftaran CPNS 2024 Agar Lolos Seleksi Administrasi

Meskipun sebelumnya target pembukaan pendaftaran ini sempat ditetapkan pada Juni 2024, hingga kini belum ada pengumuman resmi dari pemerintah mengenai tanggal pastinya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Vino Dita Tama, menyatakan bahwa jadwal pendaftaran CPNS masih menunggu keputusan resmi dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Vino tidak menyebutkan kapan keputusan tersebut akan dikeluarkan, namun Menpan-RB Abdullah Azwar Anas bisa menjawab pertanyaan kapan pendaftaran CPNS dibuka.

Ia mengindikasikan bahwa pendaftaran CPNS akan dibuka pada periode Juli hingga Agustus 2024.

“Setelah pengumuman pembukaan dilakukan, BKN akan memberikan rincian lebih lanjut mengenai jadwal pendaftaran bertahap,” ujar Vino, Sabtu (13/7/2024).

Walaupun tanggal pendaftaran CPNS 2024 belum ditetapkan secara pasti, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah mengumumkan jumlah kuota yang akan dibuka untuk tahun ini.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Kemenpan-RB pada Jumat (3/5/2024), kuota CASN 2024 mencapai 1.289.824 formasi, yang terbagi menjadi 427.650 formasi untuk instansi pusat dan 862.174 formasi untuk instansi daerah.

Jumlah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) sebanyak 2,3 juta secara bertahap.

Formasi tersebut juga termasuk talenta digital yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) serta pemerintah daerah.

“Pelaksanaan seleksi CASN tahun 2024 direncanakan mulai Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan atau formasi pegawai ASN,” ujar Anas.

Pada kesempatan tersebut, Anas juga menyebutkan bahwa pengumuman mengenai waktu dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan disampaikan pada awal Juli 2024.

Namun, jadwal kepastian pengumuman oleh instansi, pendaftaran, dan seleksi masih dinamis dan mengikuti perkembangan yang ada.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan