Fenomena Artis Jadi Calon Pilkada, Pengamat Politik Bilang Begini

“Jadi saya tidak melihat bahwa artis ini disiapkan partai politik untuk di dorong menjadi pemimpin daerah, itu tidak ada. Tapi yang terjadi hari ini adalah justru bagaimana partai politik dengan instan mendorong popularitas atau elektabilitas di suatu wilayah,” sambungnya.

Namun begitu, ia menegaskan, sebagian masyarakat saat ini sudah mulai bisa melihat kinerja artis sebagai legislatif dan eksekutif. Wawasan pemilih di daerah disebutkannya sudah lebih luas. Artinya tidak memilih pemimpin hanya dari kepopuleran semata melainkan skill dan pengalaman dari selebriti tersebut sebagai pemimpin.

“Masyarakat sudah mulai cerdas. masyarakat sudah memiliki pemahaman tentang popularitas dan sebagainya. Masyarakat juga sudah bisa memilah yang mana artis yang memiliki skill dan kemampuan bisa memajukan daerah. Tapi seringkali masyarakat juga mengkritisi fenomena artis ini karena artis ini sangat bertolak belakang pekerjaannya dengan kepala daerah,” katanya.

“Artinya menurut saya masyarakat juga bisa menilai, menimbang kira-kira layak dipilih. Tapi kebanyakan artis yang maju itu bermodalkan popularitas bukan kemampuan pengalaman disebuah organisasi atau di daerah,” tandasnya.

Diketahui, saat ini sejumlah artis terlihat sudah menyibukkan diri berwara-wiri melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat. Ini merupakan upaya mereka memenangkan hati warga KBB sekaligus mendongkrak elektabilitasnya.

Selain wajah lama, ada juga beberapa pendatang baru yang dikabarkan menjadi Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat. Ada yang datang sebagai kader partai politik (Parpol) ada juga yang sengaja mengikuti proses penjaringan sebagai Balon Bupati yang diselenggarakan Parpol jelang pemilihan.

Sebut saja Ritchie Ismail alias Jeje Govinda menjadi Balon Bupati satu-satunya yang direkomendasikan partai yang dinahkodai Zukifli Hassan yakni PAN. Bahkan disebutkan adik ipar Raffi Ahmad itu bakal disandingkan dengan TB Ardi Januar yang merupakan politisi Partai Gerindra sebagai Pasangan Calon (Paslon) pada Pilbup Bandung Barat pada 27 November 2024 mendatang.

Suami Syahnaz Sadiqah ini bertekad mengikuti Pilbup Bandung Barat setelah gagal di Pileg 2023. Jeje Govinda maju sebagai DPR RI Daerah Pilih (Dapil) Jawa Barat, meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan