Tips Olahraga Aman bagi Penderita Aritmia: Menggabungkan Kesehatan Jantung dan Gaya Hidup Aktif

Penanganan Aritmia dengan Ablasi Jantung

dr. Agung Fabian Chandranegara, SpJP (K), FIHA, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan Aritmia di Mayapada Hospital Tangerang, menjelaskan bahwa salah satu penanganan aritmia adalah dengan melakukan Ablasi Jantung, sebuah prosedur medis minimal invasif. “Prosedur ini menggunakan kateter melalui pembuluh darah di pangkal paha, leher, atau lengan, yang kemudian diarahkan ke jantung menggunakan panduan gambar dari sinar X. Energi panas dikirim melalui kateter untuk menghancurkan jaringan yang menyebabkan aritmia, sehingga memungkinkan irama jantung kembali normal,” jelas dr. Agung.

Dengan penanganan yang tepat di layanan unggulan Cardiovascular Center Mayapada Hospital, penderita aritmia dapat tetap mempertahankan gaya hidup sehat. Cardiovascular Center di seluruh unit Mayapada Hospital menawarkan solusi penanganan berbagai masalah jantung, termasuk aritmia, dengan dukungan tim dokter multidisiplin dan fasilitas canggih yang memprioritaskan layanan berstandar internasional.

Kolaborasi Olahraga dan Kesehatan Jantung di SITPEC Mayapada Hospital

Selain itu, penggemar olahraga juga dapat menyusun rencana olahraga yang tepat bersama dokter spesialis kedokteran olahraga pada layanan Sport Injury Treatment & Performance Center (SITPEC) di Mayapada Hospital. dr. Taufan Favian Reyhan, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga di Mayapada Hospital Jakarta Selatan, mengungkapkan bahwa program olahraga dapat disesuaikan dengan kondisi pasien. “Jika pasien mengalami aritmia dan masih ingin aktif berolahraga, kita perlu berkoordinasi dengan dokter spesialis jantung untuk menemukan latihan yang efektif,” ujarnya.

Layanan SITPEC menyasar para penggemar olahraga hingga atlet, menyediakan rangkaian penanganan mulai dari program preventif, skrining sebelum olahraga, hingga penanganan cedera dan pasca cedera. Mayapada Hospital juga menjadi official hospital partner untuk kompetisi olahraga lari Pocari Sweat Run Indonesia 2024, menyediakan Self Health Assessment dan promo paket Medical Check Up (MCU) Runner.

Dengan demikian, meski memiliki kondisi aritmia, seseorang masih dapat menjalani gaya hidup aktif dan sehat dengan bimbingan dan penanganan yang tepat. Mayapada Hospital hadir untuk memastikan setiap pasien mendapatkan perawatan optimal dan solusi terbaik untuk masalah jantung mereka.

Berita Terkait