PLN Icon Plus Mendorong Pengembangan Smart Kabupaten Melalui Infrastruktur Digital dan Energi Hijau

JABAR EKSPRES – Di tengah era digital yang terus berkembang, pengembangan infrastruktur digital dan energi hijau menjadi kebutuhan esensial bagi seluruh kabupaten di Indonesia. PLN Icon Plus mengambil langkah signifikan untuk mendorong terwujudnya Smart Kabupaten dengan infrastruktur yang terintegrasi. Dalam gelaran APKASI 2024 yang berlangsung di Jakarta dengan tema “Mendorong Smart Kabupaten melalui Infrastruktur Digital & Green Energy yang Terintegrasi,” PLN Icon Plus menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung transformasi digital dan transisi energi hijau di tingkat daerah.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, mengatakan bahwa transformasi PLN Icon Plus menjadi Subholding Beyond kWh PT PLN (Persero) merupakan sebuah langkah strategis. Transformasi ini tidak hanya mencakup perubahan struktur, tetapi juga mencerminkan komitmen perusahaan dalam menyediakan solusi Beyond kWh yang terintegrasi, mencakup Connectivity, Digital, dan Green Energy. “Kami tidak hanya berfokus pada penyediaan konektivitas, tetapi juga pada pengembangan solusi digital dan energi hijau yang dapat mendukung program strategis nasional,” ujar Ari Rahmat Indra Cahyadi.

PLN Icon Plus berperan aktif dalam meningkatkan dan pemerataan penetrasi koneksi internet di seluruh Indonesia. Salah satu pencapaian yang membanggakan adalah keberhasilan mengubah Pulau Lepar menjadi pulau pertama yang 100% terhubung dengan ICONNET. Langkah ini menghadirkan koneksi internet ke setiap sudut pulau, sehingga mempermudah akses untuk pendidikan, membuka peluang ekonomi baru, serta mempromosikan pariwisata lokal. Pencapaian ini merupakan bukti nyata dari komitmen PLN Icon Plus untuk menghadirkan layanan internet berkualitas tinggi hingga berbagai wilayah di Indonesia.

BACA JUGA: Kepala BP3MI Jawa Barat Jenguk Pekerja Migran Indonesia Yang Alami Pendarahan Otak

Pertumbuhan ICONNET yang signifikan juga mendapatkan pengakuan internasional. Untuk pertama kalinya, PLN Icon Plus dinobatkan sebagai Broadband Telecom Company of The Year oleh Asian Telecom pada tahun 2024. Penghargaan ini menjadi bukti atas upaya keras dan dedikasi perusahaan dalam menyediakan layanan telekomunikasi terbaik. Selain itu, PLN Icon Plus juga mencatat sejarah sebagai penyedia backbone internet fiber optic pertama di Timor Leste pada Oktober 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan