Cara Aman Mendahului Kendaraan di Jalan Raya

JABAR EKSPRES – Saat berkendara, keselamatan menjadi prioritas utama karena keselamatan di jalan raya tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk pengguna jalan lainnya. Oleh karena itu, pengendara harus benar-benar memahami teknik-teknik berkendara yang baik agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Salah satunya adalah cara mendahului kendaraan di depan dengan aman.

Setiap pengendara tentunya memiliki cara dan kecepatan yang berbeda saat di jalan, baik itu kendaraan kecil maupun kendaraan besar. Saat kita hendak mendahului kendaraan yang ada di depan karena dirasa terlalu lambat atau menghalangi jalan, ada beberapa cara yang harus dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan saat proses mendahului dilakukan. Mendahului kendaraan di depan kita merupakan salah satu aktivitas berkendara yang cukup berbahaya karena kita mungkin saja harus mengambil jalur dari arah yang berlawanan.

Pastikan saat mendahului pengendara berada di jalur yang benar dan tidak melanggar rambu-rambu atau marka jalan yang berlaku. Pastikan marka tengah jalan yang kita lewati bertanda putus-putus, artinya kita diperbolehkan untuk mendahului kendaraan di depan kita. Selain itu, pengendara harus sudah memposisikan motornya di kanan belakang kendaraan yang akan didahului agar bisa melihat keadaan arus lalu lintas dari arah yang berlawanan.

Cara kedua adalah sebelum mengambil jalur sebelah kanan, pastikan selalu bahwa di belakang kanan kita tidak ada kendaraan lain yang mendahului juga. Pengendara bisa melihat menggunakan kaca spion sebelah kanan. Setelah dirasakan aman, nyalakan lampu sein sebelah kanan dan mulai mengambil jalur berlawanan untuk mendahului kendaraan tersebut.

Pengendara juga bisa menyalakan klakson sebanyak dua kali dengan durasi yang pendek untuk memberi tahu kendaraan di depan bahwa kita akan mendahului. Tambah kecepatan dan jaga jarak dengan kendaraan yang kita dahului, hindari mengikuti motor atau kendaraan lain yang sedang mendahului kendaraan lainnya, dan jangan lakukan pengereman saat akan mendahului. Untuk mengantisipasi potensi bahaya, pastikan keadaan jalur dari arah berlawanan sudah aman dan kosong.

Ceroboh saat mendahului merupakan salah satu penyebab terbesar terjadinya kecelakaan di Indonesia. Selalu waspada dan pastikan benar-benar aman saat mendahului dengan menggunakan prediksi bahaya yang baik serta kelengkapan berkendara yang tepat. Selalu gunakan helm dan jaket saat naik motor, dan tempatkan keselamatan di atas segalanya saat berkendara. Selalu #Cari_Aman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan