Awas Ternyata Anak Muda Juga Rentan Kena Osteoarthritis, Mager Jadi Salah Satu Penyebab

JABAR EKSPRES – Banyak yang beranggapan bahwa osteoarthritis atau pengapuran sendi hanya dialami oleh orang lanjut usia.

Namun, kenyataannya, kondisi ini juga bisa menyerang mereka yang masih berusia muda.

Baca juga : Makanan Rendah Kalori Cocok untuk Diet tapi Bikin Kenyang

Dr. Kiki Novito, SpOT, seorang spesialis ortopedi dan traumatologi, menjelaskan berbagai faktor yang dapat memicu osteoarthritis pada usia muda dan memberikan saran untuk pencegahannya.

Penyebab Osteoarthritis pada Usia Muda

Dr. Kiki mengungkapkan bahwa salah satu penyebab utama osteoarthritis pada anak muda adalah faktor genetik.

Jika seseorang memiliki riwayat keluarga yang mengalami pengapuran sendi, maka kemungkinan besar mereka juga akan mengalaminya.

“Biasanya kalau anak muda itu genetik. Jadi, misal kalau perempuan, ibunya pengapuran, maka kemungkinan dia akan mengalami pengapuran juga besar,” jelas Dr. Kiki di Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Selasa (9/7/2024).

Selain faktor genetik, gaya hidup atau lifestyle juga berperan penting. Dr. Kiki menyoroti bahwa kebiasaan malas bergerak atau “mager” dapat meningkatkan risiko pengapuran sendi pada usia muda.

Ketika otot tubuh tidak aktif dan tidak terjaga, sendi menjadi lebih rentan terhadap pengapuran.

“Kalau orang yang mager, malas olahraga, ototnya lemah, tidak terjaga, ya itu mungkin lebih gampang untuk mengalami pengapuran,” tambahnya.

Pencegahan dan Perawatan

Untuk mencegah osteoarthritis, Dr. Kiki menekankan pentingnya menjaga aktivitas fisik secara rutin.

Sendi dan tulang rawan tidak memiliki suplai darah, sehingga mereka mendapatkan nutrisi dari cairan dan kapsul sendi.

Olahraga dapat membantu merawat sendi, menjaga otot-otot tetap kuat, dan mempertahankan kestabilan sendi.

“Masyarakat muda disarankan untuk lebih rajin bergerak. Selain menyehatkan tubuh, gerakan seperti olahraga bisa membantu merawat sendi, otot-otot sendi terjaga, dan menjaga kestabilan sendi,” ujarnya.

Salah satu kondisi yang memicu osteoarthritis adalah sarkopenia, yakni penurunan massa otot.

Oleh karena itu, penting untuk tetap aktif berolahraga guna mencegah penurunan massa otot yang dapat memperparah pengapuran sendi.

“Massa otot kita sebenarnya sudah berkurang kalau kita nggak latihan. Kalau kita sudah mulai pengapuran, lalu otot kita pun berkurang, maka pengapurannya akan semakin berat,” jelas Dr. Kiki.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan