BBPOM Temukan Makanan yang Dilarang Saat Sidak di Pesta Kesenian Bali

JABAR EKSPRES – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Denpasar menemukan makanan yang dilarang saat melakukan sidak di lapak kuliner pagelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI tahun 2024.

Ketua Tim Sertifikasi dan Pelayanan Publik BBPOM di Denpasar Putu Ekayani menyebut temuan tersebut seperti masih adanya chiki ngebul dengan kandungan gas nitrogen dan pangan olahan latteo tanpa izin edar.

‘’Ada yang menjual chiki ngebul, itu cemilan yang ditambah dry ice tapi ada gas nitrogen, sudah ada penjelasannya di BPOM bahwa itu tidak boleh dijual atau dikonsumsi karena merusak organ pencernaan, juga eksofagus tenggorokan,’’ kata Putu Ekayani di Denpasar, Senin (8/7) dikutip dari ANTARA, Selasa (9/7).

BACA JUGA: BRI Dinobatkan Sebagai Bank Persero Dengan Kinerja Terbaik Pada Penghargaan Bisnis Indonesia Award (BIA) 2024

Makanan yang dilarang tersebut baru ditemukan oleh BBPOM dalam sidak kedua, sebelumnya pada Sabtu (15/7) lalu mereka melakukan pengujian sampel yang sama namun tidak ditemukan chiki ngebul maupun pangan berbahaya.

‘’Produk yang kita uji itu sama, bakso, sosis, kue jajanan, mie basah, juga es gula tapi tidak ada satu pun yang mengandung bahan berbahaya seperti boraks, formalin, pewarna tekstil, rhodamine b,’’ ujarnya.

Pada pengujian kedua, BBPOM mengambil 12 sampel makanan serupa dan menunjukan hasil yang sama, tidak ada kandungan berbahaya di dalamnya.

BACA JUGA: Atasi Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, Pemkot Cimahi Tekankan Pentingnya Kolaborasi Berbagai Pihak

Namun sayangnya saat tim mengunjungi satu per satu lapak kuliner Pesta Kesenian Bali ditemukan pedagang yang masih menjual chiki ngebul.

Ekayani mengatakan menurut keterangan dari pedagang ia tidak mengetahui larangan tersebut, sumber gas nitrogen tersebut juga didapatkannya dari pedagang luar Bali.

BBPOM dan Satpol PP Bali akhirnya menarik semua produk chiki ngebul dan memanggil pemasok bahan dasar tersebut untuk ditelesuri sumbernya serta diedukasi perihal bahayanya produk tersebut.

BACA JUGA: Paska Scam, Valero Rilis APK Kedua Untuk Membernya yang Mau WD, Benarkah Bisa Lancar Penarikan?

Setelah chiki ngebul, BBPOM menemukan kembali makanan dilarang yaitu pangan olahan yang dikemas dan dikenal dengan latteo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan