Gila! Jepang Pecahkan Rekor Internet Tercepat, Tembus 402 Tbps

JABAR EKSPRES – Tim peneliti di Jepang baru saja mencatatkan prestasi luar biasa dengan memecahkan rekor kecepatan internet tercepat di dunia, mencapai angka fantastis yaitu 402 Terabits per detik (Tbps).

Eksperimen yang mengesankan ini dilakukan oleh tim dari National Institute of Information and Communications Technology (NICT), yang menggunakan kabel serat optik standar dan beberapa teknologi penguat sinyal untuk mencapai kecepatan ini.

Baca juga : Perbandingan Dua HP Flagship Asus Zenfone 11 Ultra vs ROG Phone 8, Mana Paling Garang?

Yang membuat pencapaian ini semakin luar biasa adalah metode inovatif yang digunakan NICT. Mereka berhasil memanfaatkan pita panjang gelombang yang sebelumnya tidak pernah digunakan, membuka peluang besar bagi perkembangan jaringan teknologi masa depan.

NICT menyatakan bahwa teknologi baru ini dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kapasitas infrastruktur komunikasi optik di masa depan, seiring dengan meningkatnya permintaan akan layanan data.

“Teknologi baru yang dikembangkan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan untuk memperluas kapasitas komunikasi infrastruktur komunikasi optik seiring dengan meningkatnya permintaan layanan data di masa depan,” kata NICT dalam laporan mereka yang dikutip dari The Independent pada Senin (8/7/2024).

Pencapaian ini membuat koneksi internet di Jepang berjuta-juta kali lebih cepat dibandingkan dengan koneksi internet mobile dan broadband di Indonesia.

Berdasarkan laporan Global Speedtest Index yang dirilis oleh Ookla pada Maret 2024, kecepatan internet mobile di Indonesia hanya sekitar 25,83 Megabits per detik (Mbps), dan koneksi internet fixed broadband sekitar 29,37 Mbps.

Dengan kecepatan internet mencapai 402 Tbps, pengguna internet di Jepang dapat mengunduh 12.500 film dalam satu detik, yang setara dengan tiga kali lipat dari jumlah film yang ditawarkan oleh Netflix.

Bahkan game AAA seperti Baldur’s Gate, yang memiliki ukuran file ratusan gigabyte, dapat diunduh dalam hitungan milidetik.

Rekor ini berhasil melampaui pencapaian sebelumnya yang dipegang oleh Aston University di Inggris.

Pada Maret lalu, Aston University, yang merupakan salah satu mitra NICT dalam proyek ini, mencatat kecepatan internet hingga 301 Tbps menggunakan kabel serat optik standar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan