Daftar 11 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang dan Sendi

JABAR EKSPRES – Seperti halnya organ tubuh lain, tulang dan sendi juga membutuhkan asupan nutrisi untuk menjaga fungsinya. Ada sekitar 11 makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tulang dan sendi.

Pentingnya menjaga kesehatan tulang dan sendi harus mulai disadari dari usia muda, agar saat usia senja, penurunan fungsi dari semua organ tubuh bisa diminimalisir.

Sehingga tubuh tetap bisa beraktifitas normal dan tetap sehat meski sudah berumur.

Sayangnya saat ini sangat banyak makanan instan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh, tidak heran bila banyak orang di usia produktif sudah mengalami berbagai gejala penyakit degeneratif.

Baca juga : Mengungkap Misteri Vitamin D: Wajib Tahu untuk Kesehatan Tulang dan Otot yang Optimal

Berikut deretan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi.

1. Makanan laut

Makanan laut memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu seafood juga mengandung glukosamin yang berfungsi untuk melindungi tulang rawan. Glukosamin ini juga bermanfaat untuk mengurangi bengkak, nyeri, dan kaku pada persendian.

2. Ikan yang tinggi lemak

Lemak yang terdapat pada ikan mengandung omega 3 yang bagus untuk kesehatan sendi. Beberapa ikan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi adalah salmon, sarden, dan makarel. Selain omega 3, ikan ini juga mengandung vitamin D yang tinggi lho.

3. Bawang Putih

Siapa sangka bumbu dasar ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tulang dan sendi. Kandungan bioflavonoid bermanfaat sebagai antioksidan. Sementara senyawa diallyl disulfide yang ada di dalamnya, mampu menghambat enzim perusak tulang rawan di sel badan.

4. Susu

Susu kaya akan vitamin D dan kalsium. Dua komponen ini memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk tulang dan sendi. Mengonsumsi susu secara rutin, terbukti bisa menurunkan tingkat keparahan masalah sendi terutama pada bagian lutut.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung oleocanthal yang berguna sebagai anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan pada sendi. Selain itu minyak zaitun juga memiliki kandungan lemak yang berperan sebagai antioksidan.

Baca juga : 7 Manfaat Ajaib Kacang Lima untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan