Apa Yang Harus Dilakukan Saat Indikator Accu Menyala?

JABAR EKSPRES – Panel meter pada sepeda motor biasanya memiliki beberapa fitur seperti speedometer, odometer, fuel meter, dan lain-lain. Selain itu, terdapat beberapa lampu indikator untuk memberitahukan kondisi sepeda motor ketika terjadi masalah. Ketika lampu indikator accu pada panel meter menyala, pemilik sepeda motor tak perlu panik. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa beberapa bagian kelistrikan untuk memastikan sumber permasalahannya.

Ada dua kemungkinan penyebab indikator accu menyala. Pertama adalah arus listrik yang tidak stabil, dan kedua adalah kondisi accu yang mulai lemah. Arus listrik yang tidak stabil bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti mesin motor dalam kondisi dingin atau daya accu yang belum sepenuhnya terisi. Kendala ini bisa terjadi kapanpun, bahkan pada accu baru. Jika penyebabnya adalah kondisi accu yang sudah melemah, langkah yang harus dilakukan adalah menggantinya dengan accu yang baru.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, “Sebagian motor dilengkapi dengan speedometer digital yang dapat menampilkan informasi tegangan accu. accu yang normal umumnya memiliki tegangan sekitar 12,3 volt hingga 12,6 volt saat mesin dalam keadaan mati. Sementara saat mesin dalam keadaan menyala, normalnya accu mempunyai tegangan sekitar 13,7 volt hingga 14,2 volt.”

“Tegangan accu yang berada di bawah 12,4 volt perlu diisi ulang agar kembali normal di atas 12,4 volt. Namun, jika tegangannya berada di bawah angka tersebut, maka accu perlu segera diganti,” ujar Ade.

Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa accu perlu diganti :

Mesin Sulit Dihidupkan

Salah satu tanda yang paling umum bahwa aki perlu diganti adalah ketika mesin motor sulit dihidupkan, terutama setelah kendaraan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini menunjukkan bahwa daya pada aki sudah menurun. Aki yang sudah lemah tidak dapat menghasilkan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin.

Starter Tidak Menyala atau Berbunyi Klik Ketika Ditekan

Tanda selanjutnya adalah ketika tombol elektrik starter ditekan tidak ada reaksi apapun, atau hanya terdengar bunyi klik. Hal ini menunjukkan bahwa accu tidak lagi mampu menyediakan daya listrik yang cukup untuk menyalakan mesin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan