17 Cara Bersyukur Agar Nikmat Bertambah dan Tidak Dicabut Allah

JABAR EKSPRES – Berlimpahnya harta ternyata bisa juga menjadi sebuah ujian, karena jika kita lupa untuk bersyukur maka Allah bisa dengan mudah mencabut nikmat tersebut. Ada beberapa cara bersyukur bagi yang berlimpah rejeki agar nikmat yang dirasakan kini tidak dicabut oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Melimpahnya rezeki berbanding lurus dengan adanya kewajiban untuk bersyukur. Bahkan bersyukur juga menjadi kewajiban bagi semua umat Islam bagaimanapun kondisinya.

Dengan bersyukur, Allah menjanjikan akan menambah nikmat kita, sehingga bisa dilihat, orang yang senantiasa bersyukur pasti akan selalu terlihat bahagia.

Lalu bagaimana cara bersyukur agar rezeki semakin berkah dan menambah kenikmatan? berikut penjelasannya.

Baca juga : Penting Diketahui, Ini Cara Seluruh Anggota Tubuh dalam Bersyukur 

Nikmat bisa berupa banyak hal seperti nikmat rezeki, jodoh, kesehatan, kemudahan atau nikmat-nikmat lainnya, yang semuanya Allah berikan kepada kita.

Allah juga memberikan rezeki berupa nikmat Iman dan Islam sehingga Anda bisa merasakan kehadiran Allah dalam hidup Anda dan memberikan kemudahan Anda dalam menjalani hidup ini.
“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” [Qs. An Nahl: 18].

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (QS Al Baqarah:152).

Selain itu ada pula dalil di dalam Al–Qur’an tentang pentingnya mensyukuri nikmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yaitu:

“Wahai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepada kalian dan bersyukurlah kepada Allah jika benar-benar kepada-Nya kalian menyembah.” [QS Al Baqarah: 172].

Dalam Ayat lain Allah Juga Berfirman yang artinya:

Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.[ QS: Ali-Imron : 145].

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan