Sebarkan Nilai-nilai Pancasila di Sosial Media, BPIP Adakan Workshop Penguatan Konten Kreator Jabar

JABAR EKSPRES – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar workshop Penguatan Konten Kreator di Jawa Barat (Jabar) di Pendopo Kota Bandung, pada Rabu (26/6). Hal ini merupakan upaya untuk menguatkan narasi Pancasila dalam ruang publik salah satunya sosial media.

Menurut Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo, generasi muda harus memiliki kesadaran tentang mencintai bangsa dan negara. Termasuk dengan cara menginterpretasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam aktivitas sehari-hari mereka.

Dia menilai, gerakan seperti yang diadakan BPIP tersebut mesti didukung dengan instansi daerah terkait. “Ekosistem dari era digital ini harus diisi dengan konten-konten yang positif yang mengutamakan Pancasila dalam tindakan,” ujar Benny kepada wartawan, Rabu (26/6).

BACA JUGA:PPDB Tahap Kedua di SMKN 3 Cimahi Klaim Lancar, Meski Alami Lonjakan Pendaftar

Sehingga konten-konten itu, menurutnya, diharapkan mampu mengubah perilaku manusia Indonesia, khususnya di Jawa Barat. “Utamakan nilai-nilai Pancasila, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Agar konten-konten itu tidak hanya negatif,” imbuhnya.

Dalam workshop yang berlangsung sejak pukul 8.00 WIB itu, diketahui bahwa antusias para konten kreator amat tinggi. Melihat dari data kehadiran peserta yang melebihi kuota, yakni 400 lebih, dirinya optimis dengan anak muda di Jabar yang peduli akan penguatan Pancasila.

“Ini kan menunjukkan masyarakat Jawa Barat, anak-anak mudanya itu antusias. Ini yang positif ya. Jadi ada kesadaran dari generasi muda bahwa mereka mencintai bangsa dan tanah airnya,” sambungnya.

BACA JUGA:Kebebasan Herman Sutrisno Mendapat Sambutan Hangat dari Sang Istri

“Jadi kami bergerak bersama dengan para netizen, kami berharap eksistensi ruang publik khususnya di media sosial itu dipenuhi dengan mengarustamakan Pancasila dalam perilaku kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Bersamaan, Kepala Bidang Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung, Aswin Sulaeman Usama menilai positif atas kegiatan yang dilakukan BPIP tersebut guna menguatkan nilai Pancasila di sosial media.

“Jadi bagaimana anak-cucu kita yang nanti akan menggantikan kita. Nah ini yang dikuatkan oleh BPIP termasuk Pemerintah Kota Bandung,” lanjut Aswin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan