UMKM Kelurahan Melong Berhasil Manfaatkan Limbah Sampah jadi Produk Bernilai Ekonomis

JABAR EKSPRES – Untuk meminimalisir penumpukan sampah dan mengembangkan ekonomi masyarakat, pemerintah Kota Cimahi mendorong masyarakat dalam program OPOR (One Product One RW).

Sejumlah UMKM di Kelurahan Melong, Kota Cimahi berhasil mengolah limbah sampah menjadi produk yang bernilai ekonomis.

Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan mengungkapkan antusiasnya saat melihat produk dari 36 RW di kelurahan Melong tersebut.

“Ini adalah hal yang membanggakan, dikala kita mendorong ekonomi kota ini tumbuh dan berkembang, ternyata UMKM bisa menjadi kontributor yang nyata,” ujar Dikdik pada wartawan saat ditemui di sela-sela kegiatan gelar produk dan kurasi OPOR (one product one RW), Kamis (20/6).

BACA JUGA: Spoiler One Piece Chapter 1118: Bonney Berubah Menjadi Nika hingga Peperangan di Elbaf yang Sebentar Lagi Dimulai!

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari beberapa pelaku UMKM menunjukkan, mereka memanfaatkan limbah sampah yang ada.

Lebih lanjut, Dikdik yakin bahwa dengan memanfaatkan limbah sampah ini, ke depannya volume sampah di Kota Cimahi dapat berkurang.

“Dilihat dari produk-produk yang mereka hasilkan, seperti bungkus kopi, kemudian dari limbah industri tekstil, dan yang lainnya. Ini tentu saja, kalau bisa terus dibudidayakan seperti ini sampah yang ada di Kota Cimahi, saya yakin bisa berkurang,” ujar Dikdik.

Dikdik menyatakan, pihaknya akan terus mendorong pembinaan terhadap UMKM serta mempermudah segala kepentingan usaha masyarakat.

BACA JUGA: Idul Adha, Hery Antasari : Momentum Asah Keikhlasan dan Kepedulian Sosial

“Bila perlu kita lakukan pembinaan dari sisi keterampilan atau pun keahlian,” paparnya.

Membahas mengenai sampah, Dikdik mengatakan, sampah dapat dikategorikan dan didaur ulang.

“Misalnya menjadi biji plastik dan yang lain sebagainya,” terangnya.

Di lokasi yang sama, Anggota DPRD Kota Cimahi Fraksi Demokrat, Edi Kanedi, menekankan pentingnya dukungan dari pemerintah terhadap UMKM yang ada di Cimahi.

BACA JUGA: Poco F6 Resmi Meluncur di Indonesia ini dia Perbandingan dengan Realme GT 6

“Sesuai apa yang disampaikan Pak Sekda tadi, dengan jumlah kawan-kawan dari beberapa RW mudah-mudahan bisa terus berkembang dan berjalan,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan