Pemprov DKI Jakarta Berikan Insentif PBB-P2 untuk Hunian di Bawah Rp2 Miliar

JABAR EKSPRES – Pemprov DKI Jakarta memberikan insentif fiskal daerah berupa keringanan, pengurangan dan pembebasan, serta kemudahan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) 2024 khususnya untuk hunian di bawah Rp2 miliar.

‘’Pada tahun sebelumnya, hunian dengan nilai di bawah Rp2 miliar dibebaskan pajaknya. Namun, untuk tahun 2024, hanya diberikan untuk satu objek PBB-P2 yang dimiliki wajib pajak,’’ kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi DKI Jakarta Lusiana Herawati dikutip dari ANTARA, Rabu (19/6).

Lusiana menjelaskan, kebijakan insentif pajak ini sudah tertuang pada Peraturan Gubernur nomor 16 tahun 2024, diterbitkan sebagai implementasi Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

BACA JUGA: Jadwal Bioskop Trans TV Malam ini Rabu, 19 Juni 2024, Tayang Film Backtrace

Menurut Lusiana, peraturan tersebut untuk menciptakan keadilan pemungutan PBB-P2 melalui perbaikan formulasi pemberian insentif pajak daerah yang telah diberikan kepada masyarakat Jakarta pada tahun-tahun sebelumnya, sehingga bisa lebih tepat sasaran.

Ia juga mengatakan bahwa insentif yang dikeluarkan tersebut khusus bagi wajib pajak yang mempunyai hunian di bawah Rp2 miliar dan jika memiliki lebih dari satu objek pajak, maka pembebasan akan diterapkan pada nilai jual objek pajak (NJOP) terbesar.

‘’Hal ini mempertimbangkan bahwa kebijakan tahun-tahun sebelumnya adalah dalam rangka pemulihan ekonomi dampak Covid-19,’’ ujar Lusiana.

BACA JUGA: Wakil Ketua MPR Sebut Pembentukan Pansus untuk Evaluasi Haji Tidak Diperlukan

Lusiana menyebut, pada tahun ini, pihaknya memberikan kebijakan berupa pemberian keringanan, pengurangan, dan pembebasan atas pokok pajak dan atau sanksi pajak, serta fasilitas angsuran pembayaran pajak terutang.

Ia mengungkapkan itu semua bertujuan untuk membantu mengurangi beban wajib pajak dalam menunaikan kewajiban perpajakan.

Selain itu, untuk menjaga daya beli masyarakat, sehingga tujuan dalam menghimpun penerimaan pajak daerah, khususnya PBB-P2, dapat terealisasi secara optimal.

BACA JUGA: Spoiler One Piece Chapter 1118: Robot Kuno Bakal Bangkit dan Berikan Perlawan Sengit Terhadap Gorosei!

‘’Pembayaran pajak pada hakikatnya sebagai wujud gotong royong dalam memulihkan kembali kondisi perekonomian di DKI Jakarta. Oleh karena itu, kami mengimbau masyarakat agar dapat memanfaatkan insentif fiskal ini agar wajib pajak dapat terbantu dalam melunasi kewajiban perpajakan,’’ katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan