Tips Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet dan Aman

JABAR EKSPRES – Memiliki daging kurban banyak dan belum sempat untuk mengolahnya, tentu satu-satunya jalan adalah menyimpannya di kulkas. Ada beberapa tips menyimpan daging kurban agar awet dan tidak bau.

Namun ada juga yang salah penyimpanan sehingga membuat daging yang disimpan menjadi alot atau malah menjadi bau amis.

Karenanya sangat penting kita mengetahui beberapa hal untuk menjamin daging yang kita simpan tetap terjaga kesegaran dan keamanannya.

Baca juga : Tips Mengolah Daging Kurban agar Kolesterol Tidak Naik

Dengan penyimpanan yang benar kita bisa tetap menikmati daging yang lezat dan bebas dari kontaminasi untuk waktu yang lebih lama.

Berikut Tips menyimpan daging agar awet segar, aman dan tidak bau.

1. Perhatikan Isi Kulkas dan Freezer

Pastikan kulkas dan freezer memiliki cukup ruang kosong untuk menyimpan daging kurban dengan aman. Sirkulasi udara yang baik akan membantu menjaga suhu stabil dan mencegah pembusukan daging.

Usahakan untuk tidak menumpuk daging terlalu rapat agar udara dingin dapat mengalir dengan baik di sekitar daging.

2. Jangan Mencuci Daging

Penting untuk diingat bahwa dalam cara menyimpan daging kurban di kulkas, jangan mencuci daging sebelum penyimpanan.

Mencuci daging bisa mempercepat pertumbuhan bakteri dan mengurangi masa simpannya. Sebagai gantinya, bersihkan hanya permukaan luar daging dengan kertas tisu atau kain bersih jika perlu. Hal ini akan membantu menjaga kelembapan dan mengurangi risiko kontaminasi.

3. Potong dan Sortir Daging Menjadi Ukuran Kecil

Potong daging menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sesuai kebutuhan sebelum disimpan. Ini akan membantu daging cepat membeku dan lebih mudah untuk diatur di dalam kulkas atau freezer.

Selain itu, potongan kecil juga memudahkan Anda saat ingin mengambil dan mengolah daging dalam jumlah yang tepat tanpa perlu mencairkan semuanya.

4. Marinasi Daging Terlebih Dahulu

Sebagai bagian dari cara menyimpan daging kurban di kulkas, marinasi daging terlebih dahulu dapat meningkatkan rasa secara merata.

Pastikan bahan-bahan marinasi yang digunakan aman dan tidak merusak daging dalam jangka panjang untuk hasil yang optimal. Marinasi juga bisa membantu mengawetkan daging dengan cara menambah lapisan perlindungan terhadap bakteri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan