Lewat Komitmen Shadow Target, Bey Machmudin Dorong Perangkat Daerah Lakukan Terobosan dan Inovasi

KABUPATEN BANDUNG – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin bersama Sekda Jabar Herman Suryatman dan seluruh kepala perangkat daerah di lingkungan Pemda Provinsi Jabar menandatangani Komitmen Shadow Target untuk percepatan pembangunan yang melahirkan berbagai inovasi demi kesejahteraan masyarakat.

Penandatanganan tersebut dilakukan di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda di Kabupaten Bandung, Rabu (5/6/2024).

Sesudah melakukan penandatangangan, Bey mengemukakan, tujuan utama dari Komitmen Shadow Target agar perangkat daerah di Jabar tidak melulu bekerja secara normatif.

“Tujuan (penandatanganan) pada akhirnya agar OPD mencari terobosan dan inovasi yang harus terus dilakukan. Kalau hanya bekerja rutinitas, ya, hasilnya juga seperti itu,” kata Bey.

Ia menjelaskan, penandatanganan tersebut dilakukan bersamaan dengan rapat pimpinan (rapim) mingguan yang dilakukan secara berkala di lingkungan Pemdaprov Jabar.

Pelaksanaan rapim kali ini ada suasana baru karena mengambil tempat di alam terbuka yang membuat pikiran lebih segar melihat hijaunya dedaunan.

“Rapim mengapa di sini karena ini pas Hari Lingkungan Hidup, tanggal 5 Juni, dan cukup baik. Kami mungkin akan sering rapim di sini karena selain sejuk juga fresh, jadi lebih segar mengurangi rutinitas di kantor,” ucap Bey saat ditemui usai rapim.

Dalam rapim yang berlangsung selama dua jam tersebut, Bey menuturkan, ada target-target khusus yang akan diberikan kepada setiap perangkat daerah agar melakukan akselerasi dalam berbagai hal.

“Saya dan Pak Sekda melihat bahwa target-target OPD masih sangat normatif. Kami ingin ada terobosan dan inovasi supaya Jabar menjadi lebih baik. Jadi targetnya kami tingkatkan, ada yang dua kali, juga di atas dari target yang ditetapkan sebelumnya,” ungkapnya.

Ia mencontohkan target yang akan ditempuh oleh perangkat daerah, salah satunya tentang peningkatan wisatawan mancanegara ke wilayah Jabar.

“Seperti jumlah target wisata mancanegara itu meningkat, dari yang ditetapkan normatifnya berapa jadi lebih tinggi lagi,” ujar Bey.

Sementara itu Sekda Jabar Herman Suryatman berharap dengan adanya penandatanganan komitmen tersebut dapat memicu para kepala perangkat daerah bekerja lebih kreatif lagi.

Tinggalkan Balasan