Antisipasi Kenaikan Harga Komoditas, Disdagkoperin Kota Cimahi Gelar Bazar Sembako Sepanjang Bulan Juni 2024

JABAR EKSPRES –  Guna mengatasi kenaikan harga sembako, Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi mengadakan bazar sembako di 15 kelurahan di Kota Cimahi sepanjang bulan Juni 2024.

Bazar murah yang diikuti oleh pelaku UMKM dan beberapa toko modern menawarkan produk-produk mereka dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar.

Terkait harga sembako naik, disebabkan oleh inflasi dan kendala pengiriman dari distributor ke berbagai wilayah, yang menyebabkan peningkatan biaya.

“Minggu depan kami akan mengadakan monitoring harga-harga sembako di setiap wilayah,” ucap Kepala Bidang Perdagangan Disdagkoperin, Wawan Hariyana usai Bazar Murah di Kelurahan Cimahi, Selasa, (4/6).

BACA JUGA: 3 Cara Hapus Data di Aplikasi Pinjol dengan Mudah

Menanggapi kenaikan harga komoditas, Wawan menyatakan bahwa kondisi harga saat ini masih stabil. Meski demikian, pihaknya terus memantau stabilitas harga pasar.

“Untuk saat ini harga masih tetap, belum ada kenaikan. Tapi kita tetap melakukan monitoring pada harga,” ungkap Wawan.

Dalam pernyataannya, Wawan mengungkapkan bahwa melalui pelaksanaan bazar sembako, pihaknya akan terus berupaya menjaga stabilitas harga, terutama untuk sembako dan komoditi lainnya yang tersedia di bazar tersebut.

“Adanya bazar, bisa meningkatkan stabilitas harga tidak terlalu mahal. Dalam bazar ini kami menjual sembako dan kebutuhan lainnya,” paparnya.

BACA JUGA: Makin PANAS, Heboh MSL SCAM, Pendukung dan Pembenci MSL Taruhan Hingga Ratusan Juta Rupiah

Untuk menstabilkan harga pasar dalam jangka panjang, penyelenggaraan bazar akan terus dilakukan. Menurutnya, harga pasar cenderung berfluktuasi sehingga bazar dianggap sebagai salah satu solusi efektif untuk mengendalikan harga.

“Berbicara harga pasti fluktuatif, artinya kita pemerintah punya peran untuk stabilitas harga agar harga stabil, salah satunya seperti ini (kegiatan bazar),” bebernya.

Dikatakan Wawan, penyelenggaraan bazar sembako ini diharapkan dapat membantu masyarakat memperoleh komoditas dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga pasar.

Ditambah juga dengan merangkul beberapa UMKM di Kota Cimahi, dapat membantu pemasaran mereka di lingkup masyarakat luas.

“Harapan dengan, kami juga merangkul UMKM yang ada di kota Cimahi,” harapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan