Terlantar di Timur Tengah, Kedua TKW Asal Cileunyi Bandung Segera Dipulangkan

JABAR EKSPRES – Keluarga tenaga kerja wanita (TKW) asal Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung yakni Lilis Ule (44) dan Rosita (35), yang terlantar di luar negeri kini mendapat kabar melegakan.

Pasalnya, melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, kedua TKW tersebut akan segera dipulangkan ke Tanah Air.

Sebelumnya, pelaporan sudah dilayangkan ke Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) dan Penyuluh Tenaga Kerja (PTK) Kabupaten Bandung, soal terlantarnya dua warga Cileunyi yang jadi TKW di luar negeri.

Kemudian giliran Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Cileunyi menyambangi Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Jabar.

Diketahui, TKSK Cileunyi menyambangi BP3MI Jabar ini untuk melaporkan kondisi dua TKW asal Cileunyi, yakni Lilis Rosita yang terlantar di luar negeri untuk segera ditindaklanjuti dan minta segera dipulangkan.

BACA JUGA: Sendi Fardiansyah Beberkan Solusi Atasi Masalah Kemacetan hingga Parkir Liar di Kota Bogor

Ketika dikonfirmasi, TKSK Cileunyi, Yudistira membenarkan, pihaknya telah mendatangi BP3MI Jabar untuk melaporkan TKW asal Cileunyi Lilis dan Rosita, yang butuh difasilitasi untuk dipulangkan ke Tanah Air karena kondisi keduanya memprihatinkan.

“Kita telah investigasi lapangan, assesment dan pendekatan dengan pihak keluarga kedua TKW tersebut,” katanya, Minggu (2/6).

Yudistira menerangkan, dari hasil investigasi dapat disimpulkan, jika keduanya membutuhkan bantuan agar segera dipulangkan ke Indonesia.

Diketahui, Lilis Ule merupakan TKW asal warga Kampung Sindangwargi RT02 RW18, Desa Cileunyiwetan sudah setahun lebih terlantar di Dubai, Uni Emirat Arab.

Sedangkan Rosita diketahui TKW asal Kampung Cikoneng 3 RT02 RW03, Desa Cibiruwetan sudah 18 bulan terlantar di Duhok, Irak. Keduanya ingin segera pulang ke tanah air.

BACA JUGA: Insiden Tragis Bobotoh Meninggal saat Konvoi Persib Bandung, Identitas Pengemudi dan Kendaraan Masih Ditelusuri

Menurut Yudistira, ketika dia bersama pihak TKSK Cileunyi mendatangi BP3MI Jabar pada Jumat, 31 Mei 2024 lalu itu, berharap agar kedua kasus yang menimpa TKW Lilis dan Rosita bisa sesegera mungkin ditangani.

“Ada kabar baik dari BP3MI Jabar secepatnya akan ditangani dan akan saya monitor, sekaligus kawal terus agar penanganan terhadap Lilis dan Rosita dapat dituntaskan,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan