Geger! Penumpang Mencoba Naik ke Bagasi Pesawat, Ini Alasannya

JABAR EKSPRES – Baru-baru ini, TikTok kembali dihebohkan oleh video seorang penumpang yang masuk ke dalam bagasi atas di penerbangan Southwest Airlines. Kejadian yang unik ini langsung menjadi viral dan menyebar luas di media sosial, meskipun unggahan aslinya di TikTok sudah dihapus.

Dalam video tersebut, terlihat sang penumpang dengan santainya mengintip dari dalam bagasi yang biasanya digunakan untuk menyimpan koper dan barang bawaan penumpang. Reaksi netizen pun beragam, mulai dari yang tertawa hingga yang menganggap tindakan ini berbahaya dan tidak pantas.

Melansir dari berbagai sumber, seorang perwakilan dari Southwest Airlines mengonfirmasi bahwa mereka telah mengetahui insiden ini dan sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut. Pihak maskapai menegaskan bahwa keselamatan penumpang adalah prioritas utama mereka.

Aksi Sejenis Bukan Pertama Kali Terjadi

Ternyata, ini bukan kali pertama ada yang berulah dengan bagasi pesawat. Pada tahun 2019, seorang pramugari Southwest Airlines juga sempat viral karena menjulurkan kepalanya dari dalam bagasi. Pihak maskapai saat itu menyatakan bahwa tindakan tersebut melanggar prosedur keselamatan.

Kris Major, seorang pramugari asal Inggris, menegaskan bahwa bagasi atas bukanlah tempat yang aman untuk penumpang. “Jika kita menghadapi turbulensi, mereka bisa terluka parah. Selain itu, jika terjadi keadaan darurat, mereka tidak akan memiliki akses ke masker oksigen,” ujar Major.

Guido van Geenen, Wakil Presiden Komunikasi Korporat Diehl Aviation, juga menambahkan bahwa meskipun bagasi tersebut kuat menahan beban penumpang, tempat itu tidak dirancang untuk manusia. “Memanjat masuk dan keluar dari bagasi sangat berbahaya dan tidak ada cara untuk membuka dari dalam,” jelas van Geenen.

Bahaya Lainnya

Selain risiko terluka karena turbulensi atau kesulitan keluar, ada juga beberapa bahaya lain yang mungkin tidak disadari oleh penumpang yang mencoba aksi nekat ini. Misalnya, mereka bisa mengganggu distribusi beban di pesawat atau bahkan menyebabkan cedera pada penumpang di bawah mereka jika terjadi sesuatu.

Southwest Airlines menegaskan bahwa bagasi di atas kepala dirancang khusus untuk menyimpan tas penumpang dengan aman, bukan untuk tempat bersantai atau bersembunyi. Mereka mengingatkan semua penumpang untuk selalu mengikuti prosedur keselamatan yang telah ditetapkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan