Tingkatkan Kesadaran Evakuasi Mandiri melalui Program Si Eman

JABAR EKSPRES – Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi, Fitriandy Kurniawan mengungkap alasan pihaknya menguji standar operasional prosedur (SOP) di Mal Pelayanan Publik (MPP).

Fitriandy menyampaikan, terdapat banyak satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di MPP, sehingga penting untuk menguji SOP kesiapsiagaannya.

Apalagi, dalam situasi bencana atau gempa bumi di MPP, tidak diperkenankan melewati pintu depan karena terdapat banyak kaca. Oleh karena itu, evakuasi harus dilakukan melalui basement atau pintu samping

“Banyak SKPD berada di Mal Pelayanan Publik (MPP) sehingga tempat ini layak untuk diuji standar operasional prosedur (SOP) kesiapsiagaannya,” ucapnya saat ditemui wartawan usai simulasi kesiapsiagaan bencana di Gedung MPP, Rabu (22/5).

BACA JUGA: Soal Kebocoran Limbah Cair, Begini Klarifikasi Pihak Mie Gacoan

Ia menuturkan, Gedung MPP menjadi ikon Kota Cimahi selama setahun terakhir. Di sini, dilakukan pengujian terhadap SOP serta berbagai tugas dan peran yang ada.

“Karena pada saat terjadi gempa bumi kepanikan itu kan membuyarkan semua. Tapi karena ada SOP semua bisa berperan sesuai fungsinya masing-masing,” kata Andy.

Kendati demikian, Andy melanjutkan masyarakat, termasuk lembaga dan perkantoran, harus cermat dalam memitigasi kejadian tersebut.

BACA JUGA: Benjamin Netanyahu: Perintah Penangkapannya oleh ICC Tak Menghalangi Perang di Gaza

“Program ‘RW Tanggap Bencana’ diluncurkan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bencana,” paparnya.

Program Si Eman (Siaga Evakuasi Mandiri) diperkenalkan untuk mempromosikan kesadaran evakuasi mandiri dengan memanfaatkan kearifan lokal.

“Sehingga, dalam kejadian bencana yang terpenting adalah menyelamatkan diri sendiri sebetulnya. Tentunya dengan cara yang paling aman,” tandas Andy. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan