132 Pengendara Terjaring Operasi PKB

JABAR EKSPRES – Operasi pemeriksaan pajak kendaraan bermotor (PKB) yang dilakukan oleh Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kota Banjar berhasil menarik perhatian puluhan wajib pajak.

Mereka terjaring dalam pemeriksaan yang berlangsung selama 3 hari di tiga titik keramaian berbeda di pusat Kota Banjar.

“Bulan Mei (2024) ini kita telah melaksanakan kegiatan selama 3 hari dari Senin sampai Rabu pekan ini, yaitu pemeriksaan kendaraan bermotor. Hasilnya, sebanyak 132 kendaraan terjaring karena belum melaksanakan kewajibannya membayarkan pajak kendaraan bermotor,” ujar Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kota Banjar, H. Benny Suranata, SE., M.M., pada Kamis, 16 Mei 2024.

“Dari jumlah tersebut, 69 pemilik kendaraan langsung membayar kewajiban pajak mereka di Mobil Samsat Keliling yang tersedia di lokasi pemeriksaan,” katanya menambahkan.

Dari pajak kendaraan yang berhasil dibayar oleh wajib pajak, Benny menyatakan bahwa pihaknya berhasil mengumpulkan pendapatan pajak yang mencapai puluhan juta rupiah.

Dari 69 kendaraan yang membayar pajak, 61 di antaranya adalah kendaraan roda dua dan 8 lainnya adalah kendaraan roda empat.

“Pemeriksaan Pajak Kendaraan Bermotor ini berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar Rp. 26.188.300 dari wajib pajak. Selain itu, kami juga menerima pendapatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp. 4.716.000. Jadi, total penerimaan pajak dari Pokok PKB dan SWDKLLJ selama operasi ini mencapai Rp. 30.904.300,” katanya. (CEP)

Writer: Cecep Herdi

Tinggalkan Balasan