3 Pelaku Pembunuhan Vina Cirebon Masih Buron, Kriminolog Unisba Minta Penyidik Jelaskan Kesulitannya

JABAR EKSPRES – Keberadaan 3 pelaku pembunuhan terhadap seorang wanita bernama Vina di Cirebon pada tahun 2016 silam, sampai saat ini masih belum diketahui. Bahkan berdasarkan Informasi yang didapat, polisi juga terus melakukan pengejaran dengan merilis Daftar Pencarian Orang (DPO) kepada pelaku yang sudah diketahui identitasnya yakni bernama Pegi alias Perong, Andi, dan Dani.

Menanggapi hal ini, Kriminolog dari Universitas Islam Bandung (Unisba), Prof Nandang Sambas mengungkapan agar kasus ini cepat terungkap dan tidak menjadi opini publik, tim penyidik khususnya dari Polda Jabar harus mampu menjelaskan terkait kesulitan dalam mencari keberadaan 3 orang pelaku yang kini sudah ditetapkan sebagai DPO tersebut.

“Jadi ini harus bisa dijelaskan karena yang 8 orang lainnya (pelaku pembunuhan Vina) itu kan sudah divonis sehingga yang (DPO) ini kendala teknisinya apa dalam penyelidikan. Nah ini mungkin yang (menjadi penyebab) bertahun-tahun  belum terungkap,” ucapnya saat dihubungi, Rabu (15/6).

BACA JUGA: Persiapan Akreditasi Institusi, ITB Vinus Bogor Lakukan Focus Group Discussion 

Selain meminta untuk menjelaskan kesulitannya dalam mencari pelaku, Nandang menyebut dalam kasus ini juga penyidik harus bisa meningkatkan penyelidikannya dengan cara berkolaborasi dengan seluruh jajaran atau unit di kepolisian.

“Masa yang keluar negeri saja bisa ditangkap, tapi ini tidak. Jadi perlu ditingkatkan penyelidikannya. Nah tinggal nanti persoalannya kalau ada kesulitan, penyidik harus jelas memberikan informasi kepada masyarakat supaya tidak menimbulkan praduga atau prasangka yang tidak baik kepada Penyidik. Karena mau bagaimanapun ini sudah menjadi pembicaraan masyarakat apalagi kasusnya sudah bertahun-tahun,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) sampai saat ini terus melakukan pencarian keberadaan 3 pelaku pembunuhan terhadap seorang wanita bernama Vina di Cirebon pada tahun 2016 silam.

BACA JUGA: Sebanyak 835 Calon PPS Kota Bandung Bersiap Ikuti Seleksi Tulis

Bahkan Polisi juga telah menyebarkan ciri-ciri dan nama para pelaku dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) yang diunggah langsung melalui akun Instagram resmi milik Polda Jabar.

Dimana dalam unggahannya, Polisi menyebutkan 3 pelaku tersebut bernama Pegi alias Perong memiliki tinggi badan sekitar 160 cm, badan kecil, rambut keriting, dan kulit hitam. Sementara pelaku lainnya yaitu Andi, Polisi menyebutkan bahwa pelaku memiliki ciri-ciri dengan tinggi badan 165 cm, badan kecil, rambut lurus, dan kulit hitam. Sedangkan untuk pelaku terakhir yaitu dani memiliki tinggi badan 170 cm, badan sedang, rambut keriting, dan kulit sawo matang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan