Pemkot Bandung Mulai Jalankan Program Makan Siang Gratis?

JABAR EKSPRES  – Pelayanan makan siang gratis bagi para siswa sekolah dasar, dalam waktu dekat bakal terealisasi di Kota Bandung. Hal ini berkaitan dengan upaya kerjasama dari tim Indonesia Food Security Review (ISFR) yang coba ditawarkan kepada pemerintah kota.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Hikmat Ginanjar membenarkan bahwa ISFR sudah menawarkan kerjasama pelayanan makan siang tersebut. Untuk sementara ini akan diujicobakan terhadap enam sekolah di wilayah Arcamanik.

“Mereka akan memberikan pelayanan makan gratis bagi para peserta didik yang ada di wilayah Kota Bandung. Batasannya baru sampai kelas 6 sekolah dasar,” ungkap Hikmat kepada wartawan di Balaikota, Senin (13/5).

BACA JUGA: Dugaan Pungli di Rancaekek Viral di Medsos, Kini Pelaku Berhasil Diamankan

Dia menambahkan, teknik pengadaan layanan makanan gratis tersebut, bakal sepenuhnya diatur ISFT. Mereka, kata Hikmat, turun bersama dengan sekolah untuk membuat semacam dapur umum. Nanti sekolah akan dilibatkan kepanitian.

“Mereka survei langsung ke tempat itu. Jadi tidak kami arahkan dan juga tidak kami tunjuk ke beberapa tempat. Tapi dari tim itu langsung,” sambungnya.

Adapun pelayanan makan siang gratis itu, kata Hikmat, dipastikan ada kaitannya dengan program dari pemerintah pusat yang dicanangkan Prabowo Subianto. Hal ini diketahui pihaknya seusai menemui organisasi tersebut.

“Jika menyimak apa yang disampaikan, ada korelasinya (dengan program dari presiden terpilih) bahwa kami semua akan memulai untuk saat ini,” jelasnya.

“Mungkin nanti setelah regulasinya lebih pas, mungkin program itu akan lebih ditegaskan kembali. Kalau tadi enam sekolah rata-ratanya. Kira-kira banyak lah siswanya,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal IFSR, Alfatehan Septianta mengungkapkan, program Makan Bergizi Gratis di Sekolah telah dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi. Ini juga merupakan uji coba program unggulan yang akan digulirkan presiden terpilih.

“Presiden terpilih sudah berkomitmen terkait makan bergizi gratis di sekolah. Kita sudah running di Kecamatan Warungkiara Sukabumi sudah jalan hampir 5 bulan,” pungkasnya.

Rencananya, IFSR menyiapkan 2.500 porsi makanan bergizi gratis bagi siswa di 6 sekolah di Kecamatan Arcamanik Kota Bandung selama 90 hari mulai Juli hingga September 2024 mendatang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan