Kapan Lebaran Qurban Tahun 2024, Berikut Prediksinya

JABAR ESKRPES – Salah satu hari raya atau lebaran yang juga sangat dinantikan oleh umat muslim adalah lebaran Qurban 2024 atau Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah.

Setelah melewati bulan Syawal yang tinggal dua hari ini, umat muslim kembali akan mempersiapkan lebaran qurban yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijah.

Berdasarkan kalender Islam yang dipublikasikan dalam laman Alhabib.info, 1 Dzulhijah 1445 H/2024 M jatuh pada 8 Juni 2024. Dengan demikian, 10 Dzulhijah 1445 H atau Idul Adha 2024 jatuh pada 17 Juni 2024.

Hal yang sama juga terlihat dari kalender nasional, dimana ditunjukkan bahwa lebaran qurban tahun ini atau Idul Adha, akan jatuh pada tanggal 17-18 Juni 2024.

Baca juga :  Benarkah Hewan Qurban akan Jadi Kendaraan saat Menyebrang di Jembatan Shirath, ini Penjelasan Ustad Adi Hidayat

Namun kejelasannya tetap harus menunggu hasil penetapan dari pemerintah, melalui sidang isbat yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Biasanya sidang akan digelar pada pada 29 Dzulkaidah untuk menentukan kapan tanggal 1 Dzulhijah, sehingga 10 hari dari penetapan tanggal tersebut merupakan hari raya Idul Adha.

Seperti halnya Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha juga akan dirayakan dengan menyelenggarakan salat Ied, yang dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban.

Baca juga : Kesempatan Dapat Pahala di Hari Raya Idul Adha Bagi yang Tidak Berqurban, Lakukan Amalan ini

Dalam surah Al Kautsar ayat 2, Allah SWT berfirman,

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ ٢

Artinya: “Maka, laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah!”

Berdasarkan dalil tersebut, seluruh umat muslim akan melaksanakan perintah untuk shalat idul adha dua rakaat dan melaksanakan ibadah kurban.

Dijelaskan dalam kitab Fiqh Sunnah yang disusun oleh ulama syafi’iyah Sayyid Sabiq,
Berkurban saat Idul Adha hukumnya sunnah muakkad (sangat dianjurkan) dan makruh bagi orang yang mampu apabila tidak mengerjakannya.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan