Benarkah Hewan Qurban akan Jadi Kendaraan saat Menyebrang di Jembatan Shirath, ini Penjelasan Ustad Adi Hidayat

JABAR EKSPRES – Kaum Muslimin hari ini banyak yang telah melaksanakan kurban di Hari Raya Idul Adha. Meski sebagian ada juga yang memilih memotong hewan kurbannya pada hari tasyrik. Tahukah Kamu bahwa hewan kurban ternyata akan mendatangi kita saat diakhirat nanti.

Bukan hanya mendatangi, bahkan ada yang menyebut bahwa hewan yang kita kurbankan saat ini, kelak akan menjadi kendaraan kita saat menyebrangi jembatan sirotol mustaqim.

Anggapan ini sudah dipercaya banyak orang, namun masih ada yang menanyakan dasar hukumnya. Karenanya mari kita simak penjelasan dari penceramah kondang ustad Adi Hidayat mengenai anggapan tersebut.

Anjuran untuk melakukan kurban bisa ditemukan di banyak hadis dan ayat alquran. misalnya dari hadits Rasulullah SAW yang satu ini:

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا عَمِلَ آدَمِيٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِ إِنَّهَا لَتَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَظْلَافِهَا وَأَنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنْ اللَّهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ مِنْ الْأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

“Dari ‘Aisyah menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117)

Atau dalam salah satu ayat Alquran berikut ini :

لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَٰكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَىٰ مِنْكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ ۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِينَ

“Daging dan darah binatang korban atau hadiah itu tidak sekali-kali akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepadaNya ialah amal yang ikhlas yang berdasarkan taqwa dari kamu. Demikianlah Ia memudahkan binatang-binatang itu bagi kamu supaya kamu membesarkan Allah kerana mendapat nikmat petunjukNya. Dan sampaikanlah berita gembira (dengan balasan yang sebaik-baiknya) kepada orang-orang yang berusaha supaya baik amalnya.” (QS.Al-Hajj 37).

Baca juga: Ini Kata Dokter Hewan Mengenai Cara Memilih Hewan Kurban

Untuk menjawab apakah benar hewan kurban akan menjadi kendaraan kita kelak di akhirat, kita akan mencari tahu melalui kanal Youtube Adi Hidayat Official.

Dalam salah satu unggahannya, Ustad Adi Hidayat menyebut pernah mendengar pernyataan tersebut.

“Ada riwayat yang disandarkan kepada Nabi SAW. dengan kalimat, ‘gemukanlah, baguskanlah hewan-hewan sembelihan kalian,’

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan