Antisipasi Kemacetan saat ‘Braga Free Vechile’, Polrestabes Bandung Siapkan Rekayasa Lalu lintas

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pada hari ini Sabtu, 4 Mei 2024, resmi menerapkan kebijakan “Braga Free Vechile” atau bebas kendaraan di Jalan Braga.

Sehingga untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan saat kebijakan “Braga Free Vechile” berlangsung, Polrestabes Bandung melalui jajaran Satuan Lalu lintas (Satlantas), telah menyiapkan sejumlah skema atau rekayasa pengaturan di sekitaran Jalan Braga.

“Kita sudah menyiapkan beberapa skema rekayasa (lalukintas) namun itu sifatnya situasional,” ucap Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Eko Iskandar saat ditemui di Jalan Braga, Kota Bandung, Sabtu (4/5).

BACA JUGA: Persiapan, Aturan Baru, dan Persyaratan Peserta UTBK-SNBT 2024 

Eko menjelaskan, rekayasa yang nantinya akan dilakukan yakni seperti pengalihan hingga penutupan arus kendaraan yang menuju ke arah Jalan Braga. Ia menyebut, seperti di Jalan Braga – Naripan, pihaknya akan melakukan penutupan arus lalu lintas.

“Begitu juga di Jalam ABC, itu nanti akan kita alihkan. Tapi untuk sementara kita sekarang sudah menerapakan one way (satu jalur) di Naripan menuju Tamblong,” ucapnya.

Meski begitu, Eko mengtakan, bahwa pengaturan arus lalu lintas selama “Braga Free Vechile” diterapkan, jajarannya akan melihat terlebih dahulu situasi di lapangan. Sebab kata dia, sebagian besar ruas jalan di sekitaran Braga memiliki karakteristik pendek dan bercabang.

BACA JUGA: Menelisik Terminal Cileunyi, Sempat Aktif Jadi Pangkalan hingga Kini Hanya Lahan Kosong Milik Desa

“Jadi kalau kita nantinya segera melakukan rekayasa padahal belum dibutuhkan, itu akan memindahkan kemacetan di titik yang lain. Sehingga ini akan kita lakukan situasional,” ungkapnya.

Maka dari itu, Eko menuturkan pihaknya berasama beberapa instansi terkait akan terus melakukan evaluasi terkait dengan pengaturan arus lalu lintas selama “Braga Free Vechile” tersebut diterapkan.

“Kami bersama forkopimcam dan juga dishub akan terus melakukan evaluas terkait dengan ini, kita akan antisipasi agar tidak terjadi kemacetan kendaraan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Aplikasi Penghasil Uang 2024 Terbaru, Aplikasi WK Tugasnya Nonton Video Dibayar??

Sebelumnya, Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono menjelaskan adanya rencana ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat saat berkunjung ke kawasan Braga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan