Perjalanan ‘Karateka’ Andini Sofya, Peraih Juara 1 O2SN SMK se-Kota Bandung

JABAR EKSPRES – Mulai belajar seni beladiri karate dari tingkat sekolah dasar, ternyata membawa Andini Sofya sampai meraih gelar juara 1 Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) se-Kota Bandung. Hasil ini, menurutnya adalah buah dari perjalanan penuh konsistensi.

Bukan sekadar hobi ataupun hal yang disukai untuk mengisi waktu luang, karate baginya melebihi itu semua. Padahal, mulanya, Andini bercerita bahwa belajar seni beladiri karate bukanlah kemauan diri sendiri.

Namun seiring waktu berjalan, olahraga tersebut justru menjadi satu hal yang paling dia senangi.

“Dari kelas dua SD. Dulu itu disuruh (keluarga). Karena udah keseringan latihan, jadi suka,” ungkapnya saat ditemui di SMKN 3 Kota Bandung, Kamis (2/5).

BACA JUGA: Hardiknas 2024, Arsan Latif: Jadi Momentum Refleksi Tujuan Pendidikan di KBB

Di balik badan mungil dan paras cantiknya, terdapat jiwa petarung serta pantang menyerah. Hal demikian yang tampak jelas dari sosok karateka pemegang sabuk hitam ini. Bahkan untuk masa depan, dirinya memiliki mimpi tak kalah besar.

“Punya doujo dan mengembangkan (potensi) karate anak-anak yang lain supaya bisa berprestasi juga,” ucap gadis kelahiran 2007 tersebut.

Adapun saat ini, dirinya tengah bergabung dengan Doujo D’groove. Doujo yang menjadi salah satu saksi perjalanannya melatih seni beladiri karate. Namun selain persiapan fisik yang digembleng setiap hari. Dia mengaku bahwa persiapan mental pun harus diasah.

Terlebih lagi berkenaan dengan konsisten. Dirinya menilai hal tersebut merupakan satu di antara yang sulit diasah.

“Melawan keinginan hal lain. Seperti ada yang mengajak main,” ungkapnya.

BACA JUGA: Pj Wali Kota Cimahi: Hardiknas Waktu Penting untuk Evaluasi dan Perkuat Pendidikan

“Tapi, kan, kalau main itu hanya sekadar main. Jangka pendek. Sementara latihan karate itu untuk jangka panjang. Kalau berprestasi bahkan bisa lanjut ke jenjang lebih tinggi,” tandasnya.

Di tempat yang sama, pihak kesiswaan SMKN 3 Kota Bandung, Irfan Nur Muttaqin menyampaikan rasa bangganya atas kemenangan Andini. Pencapaian siswi itu dapat turut mengharumkan nama sekolah mereka.

“Alhamdulillah luar biasa, jadi sebenarnya ini prestasi dari siswi ya. Tapi ini bisa mengangkat nama sekolah juga. Mudah-mudahan bisa terus berprestasi,” ucap Irfan.

Tinggalkan Balasan