Masa Pendaftaran PPK 5 Kecamatan Diperpanjang Hingga Hari Ini

JABAR EKSPRES  – Masa pendaftaran seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) diperpanjang untuk sejumlah wilayah kecamatan. Hal ini dibenarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung.

Ketua KPU Kota Bandung, Wenti Frihadianti menyebutkan, pihaknya telah membuka perpanjangan waktu untuk pendaftaran PPK tersebut, di sebanyak lima Kecamatan yang ada di Kota Bandung.

Adapun kecamatan yang dibuka perpanjangan waktu pendaftaran calon anggota PPK itu meliputi, Kecamatan Antapani, Astanaanyar, Bandung Wetan, Cidadap, dan Cinambo. “Betul, diperpanjang hanya untuk 5 Kecamatan,” singkat Wenti saat dikonfirmasi.

Sementara hal demikian sudah diatur regulasi, yakni terkait perpanjangan pendaftaran seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Berdasarkan Keputusan Ketua Komisi Pemilihan Umum Nomor 476 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota.

Bahwa perpanjangan pendaftaran dilakukan dalam hal sampai dengan masa pendaftaran berakhir tidak ada peserta yang mendaftar atau kurang dari 2 (dua) kali jumlah PPK yang dibutuhkan, membuka 1 (satu) kali perpanjangan waktu pendaftaran selama 3 (tiga) Hari.

Sebelumnya, Komisioner KPU Kota Bandung, Divisi Sosialisasi Dan Partisipasi Masyarakat, Khoirul Anam menguraikan, masyarakat yang memenuhi persyaratan sangat diperkenanakan untuk mendaftar. Pendaftarannya juga telah berlangsung dan hari ini (29/04) adalah terakhir.

Pendaftar juga tidak perlu repot ke kantor KPU. Karena pendaftaran dilakukan secara online. “Daftarnya online lewat Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA),” cetusnya.

Para peserta yang mendaftar nantinya akan mengikuti rangkaian seleksi. Mulai dari seleksi administrasi, tulis, hingga wawancara.

Pada seleksi tulis, KPU juga sudah berkolaborasi sehingga metodenya memanfaatkan teknologi Computer Assisted Test (CAT). Sehingga berjalan lebih transparan. “Targetnya, para peserta yang lolos akan dilantik pada 16 Mei mendatang,” pungkasnya.

Writer: Muhammad Nizar

Tinggalkan Balasan