10 Ciri Investasi yang Terindikasi Penipuan, Awas Bisa Jadi Scam Seperi Smart Wallet

JABAR EKSPRES – Saat ini sangat marak penipuan investasi yang memakan banyak korban. Belum selesai dengan Simonida Media, Smart Wallet hingga BBH, akhir bulan April lalu sebuah aplikasi investasi lainnya bernama IFC juga Scam.

Banyak yang masih bingung bagaimana cara melihat sebuah apliksi yang tidak aman dan berpotensi melakukan penipuan.

Sehingga selalu saja masih banyak korban yang terjerat dan mengalami kerugian besar, karena tergiur keuntungan dari aplikasi yang menjanjikan profit besar.

Cara untuk mengidentifikasi sebuah investasi adalah penipuan atau tidak memang cukup sulit.

Baca juga : Aplikasi Penghasil Uang GREY Benarkah Investasi yang Aman dan Menguntungkan?

Namun ada beberapa tanda yang dapat membantu memahami apakah suatu investasi mungkin bersifat meragukan atau ilegal bahkan sampai penipuan.

Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan:

1. Hasil yang Terlalu Tinggi diluar akal

Jika tawaran investasi menjanjikan hasil atau keuntungan yang terlalu tinggi, hingga tidak sesuai dengan investasi konvensional atau pasar keuangan umumnya, hal tersebut dapat menjadi tanda peringatan.

2. Skema Piramida atau Ponzi

Hati-hati dengan skema piramida atau Ponzi yang mengandalkan penerimaan uang dari investor baru untuk membayar keuntungan kepada investor yang lebih lama.

Skema ini pada akhirnya tidak berkelanjutan dan cenderung mengakibatkan kerugian besar.

3. Tekanan Penjualan Tinggi

Jika penawaran investasi terus mendesak untuk segera berinvestasi atau memberikan tekanan penjualan yang tinggi, ini bisa menjadi tanda bahwa investasi tersebut tidak sesuai.

4. Informasi yang Kurang Transparan

Investasi yang sah dan legal harus menyediakan informasi yang jelas dan transparan tentang cara uang investor akan diinvestasikan, risiko yang terlibat, dan cara mengakses keuntungan.

5. Lisensi dan Regulasi

Periksa apakah perusahaan atau individu yang menawarkan investasi memiliki lisensi yang valid dari otoritas keuangan atau regulator yang relevan. Investasi ilegal seringkali tidak diatur atau memiliki lisensi palsu.

Baca juga :  Update Terbaru Kasus Penipuan Investasi Smart Wallet, Korban Makin Optimis Uangnya Akan Kembali

6. Cek Reputasi

Periksa reputasi perusahaan atau individu melalui sumber-sumber independen. Tinjauan dari investor lain, artikel berita, atau laporan regulator dapat memberikan wawasan tentang reputasi dan keandalan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan