eFishery Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Wujudkan Ekosistem Berkelanjutan di Daerah Sulawesi Selatan

Chairil menerangkan, pada akhir 2023, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan produksi udang nasional mencapai 1,09 juta ton. Di tahun ini, target produksi tersebut meningkat menjadi 2 juta ton.

Guna mendukung hal tersebut, kata dia, pemerintah siap membangun tambak udang modern di 12 lokasi sepanjang tahun 2024, salah satunya di Sulawesi Selatan.

”Proyek ini merupakan langkah baik dari eFishery untuk menghidupkan budidaya perikanan serta mendorong perekonomian di daerah Sulawesi Selatan demi terciptanya ekosistem ekonomi biru yang selama ini menjadi fokus pemerintah. Melalui proyek ini,kami menghadirkan proyek percontohan yang nantinya dapat diteruskan oleh petambak-petambak setempat.,” papar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulsel, Dr.Muhammad Ilyas ST, M.Sc, IPU.

Terakhir namun tidak kalah penting, untuk mewujudkan ekosistem budidaya yang berkelanjutan dan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi pada 22 April, eFishery melakukan penanaman mangrove di sekitar lokasi tambak untuk melindungi ekosistem dan menjaga lingkungan. Hal ini juga sekaligus menjadi bukti nyata eFishery untuk selalu melaksanakan praktik budidaya yang tidak hanya meningkatkan nilai ekonomi, tapi juga bertanggung jawab. (rls/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan