Peringati Hari Kartini, Pemkab Bogor Hadirkan Layanan KB Serentak

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menghadirkan layanan keluarga berencana (KB) serentak di 40 kecamatan.

Hal tersebut untuk memperingati Hari Kartini tahun 2024 yang berlangsung di Lapangan Setda, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (22/4).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengajak masyarakat untuk turut mendukung dan mensukseskan kegiatan pelayanan keluarga berencana dalam rangka peringatan Hari Kartini 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Burhanudin mengungkapkan, sebagai wujud dalam meneruskan perjuangan Raden Ajeng Kartini Pemerintah Kabupaten Bogor melalui berbagai program kegiatan senantiasa berupaya untuk memberdayakan serta melindungi hak dan kebutuhan perempuan dan laki-laki secara adil dan manusiawi.

BACA JUGA: Kesiapan SPKLU PLN Diapresiasi Pemudik, Semua Lancar dan Banyak Fasilitas Pendukungnya!

“Saya juga mengajak kepada seluruh kaum perempuan di Kabupaten Bogor untuk terus belajar, berkreasi, berkarya dan meningkatkan kapasitas serta mengeksplorasi diri lebih luas di era digital seperti saat ini. Juga berpartisipasi dalam politik dan pembangunan,” katanya.

Lebih lanjut, Burhanuddin menyampaikan, strategi peningkatan pemberdayaan perempuan salah satunya dilakukan melalui program peningkatan kapasitas, kompetensi dan kesejahteraan kaum perempuan, keluarga berencana, menekan angka kematian ibu melahirkan.

“Lalu peningkatan asupan gizi ibu dalam rangka pengentasan stunting, mengadvokasi dan memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak dari kekerasan dan lain sebagainya,” tambahnya.

BACA JUGA: Keberadaan Bendungan Leuwikeris Diyakini Mampu Stabilkan Pasokan Air Baku Tirta Anom saat Musim Hujan

Menurutnya, salah satu penentu daya saing suatu negara adalah kualitas sumber daya manusia, produktivitas dan kemampuan.

“Jika melihat komposisi jumlah penduduk, sumber daya manusia laki-laki dan perempuan hampir setara. Artinya pembangunan yang dicapai seluruhnya ditentukan oleh perempuan. Selamat Hari Kartini bagi kaum perempuan Indonesia khususnya Kabupaten Bogor, teruslah menjadi inspirasi bagi banyak orang,” pungkasnya (SFR).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan