Sejuta Harapan di Balik ‘Kenapa Bandung?’

Jargon “Kenapa Bandung?” tengah hits di ranah media sosial terutama platform Tik Tok. Pemilik akun @Seadanya yang berasal dari Ibukota, mendeskripsikan Bandung lewat penglihatan matanya yang kemudian disampaikan lewat runtaian kata.

 

Sadam Husen, Jabar Ekspres.

Bagi masyarakat Kota Bandung, kata-kata puitis yang disampaikan berbanding terbalik dengan realitas Kota Kembang saat ini. Hiruk pikuk maupun kesemrawutan masyarakat bersosial semakin menghilangkan jati diri daerah yang katanya lahir saat tuhan sedang tersenyum.

Namun dari stigma tersebut, banyak mimpi yang coba digapai oleh pendatang di Kota Bandung guna merajut asa yang sulit tercipta apabila individu tersebut berdiam diri di kampung halaman.

Salah satu pendatang asal Sumedang, Alysa Nabila (21) mengungkapkan terkait mengapa dirinya memilih Bandung guna destinasi kehidupan selanjutnya. Menurutnya, hal ini berkenaan dengan fasilitas pendidikan yang hampir merata dan jadi salah satu tolak ukur perusahaan menerima pegawai barunya.

“Kebetulan lagi kuliah sekarang, kenapa Bandung? Ya, karena banyak universitas bagus kan disini. Semoga lulus disini bisa memudahkan saya mencari pekerjaan di kota manapun di Jawa Barat atau ibukota,” katanya kepada Jabar Ekspres, Kamis (18/4).

Dikatakannya, Bandung merupakan kota maju yang dibarengi dengan segala aspek pemikirannya. Terlebih, tempat dimana ia lahir, faktor lingkungan sedikitnya menyebabkan individu sulit berkembang.

“Bisa kehitung kayanya universitas di Sumedang. Terus juga cewe seumuran saya biasanya memilih menikah ketimbang melanjutkan sekolah, ya karena pemikiran ini kayanya udah turun-temurun. Untungnya saya lahir di keluarga yang membebaskan anaknya memilih jalan hidup,” ungkapnya.

Di terminal Cicaheum, salah satu pendatang lain asal Slawi, Antoro (28) menyebutkan segala harapannya agar bisa tercapai di Kota Bandung. Hal ini berkenaan dengan bisnis kuliner yang moga bisa menjadi besar ketika dirinya memilih Kota Kembang.

“Kesini emang mau buka bisnis martabak, kebetulan banyak teman juga disini. Ya harapannya sih bisa bertahan dan sukses lah disini, semoga Bandung jadi saksi saya sukses,” pungkasnya seraya tertawa. (Dam)

Writer: Sadam Husen

Tinggalkan Balasan