BMKG: Semburan Abu Vulkanik Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

Jabar Ekspres – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga disekitar Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) agar mengurangi aktivitas di luar rumah karena bahaya abu vulkanik.

“Semburan abu vulkanik saat ini disertai dengan hujan ringan, akan sangat berbahaya bagi kesehatan,” kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Manado Ben Arther Molle dikutip dari Antara.

Ben mengatakan sebisa mungkin mengurangi kegiatan di luar rumah karena abu vulkanik menyebar di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Pihaknya memantau sebaran abu vulkanik berada di ketinggian 30.000 hingga 40.000 kaki di atas Manado, Minahasa Selatan dan Minahasa Utara, sedangkan Kalau di Kepulauan Sitaro sebaran abu vulkanik berada di ketinggian 15.000 kaki sehingga GM Bandara Sam Ratulangi Maya Damayanti pengumumkan bahwa penerbangan harus ditutup demi keselamatan para penumpang.

BACA JUGA: Akibat Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Tutup Sementara

“Kami berharap seluruh penumpang untuk memaklumi hal ini untuk keselamatan bersama,” kata Maya.*

Penghentian sementara Operasional Bandara Sam Ratulangi Manado akibat adanya dampak erupsi Gunung Ruang yang berada di Kecamatan Tagulandang Kabupaten Siau Tagulandang Biaro Sulawesi Utara diumumkan melalui Notice to Airmen (NOTAM) A1003/24 NOTAMR A1000/24 mulai Kamis pukul 08.00 WITA Sampai dengan 23.59 WITA.

GM Bandara Sam Ratulangi Maya Damayanti, di Manado, Kamis, mengatakan abu vulkanik Gunung Ruang yang terdeteksi berdasarkan hasil pengamatan lapangan, berupa paper test yang dilakukan pada pukul 07.00 WITA hari ini (18/4).

Dari hasil Koordinasi dengan beberapa sktakeholder yang terdiri dari Otband, BMKG, Airnav dan maskapai penerbangan, seluruh penerbangan hari ini Kamis 28 April 2024 ditutup untuk sementara waktu.

“Kami harus melakukan pemberhentian sementara karena alasan keselamatan penerbangan tentunya,” ujar Maya Damayanti selaku General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi.

BACA JUGA: Setelah Megawati, Pelatih Red Sparks, Ko Hee-jin Terpincut Wilda Siti Nurfadilah

Akibat penutupan tersebut puluhan penerbangan dari dan menuju Manado tertunda akibat erupsi Gunung Ruang, di Kabupaten Sitaro Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan