Api Melumat Satu Rumah di KBB, Kerugian Rp150 Juta

JABAR EKSPRES – Kebakaran melumatkan satu unit rumah tinggal di Kampung Sukabetah RT 07 RW 03, Desa Cihampelas, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kebakaran tersebut terjadi pada Rabu (17/4/2024) sekira pukul 18.50 WIB. Dalam peristiwa itu beruntung tak ada korban jiwa. Pasalnya, kondisi rumah dalam keadaan ditinggalkan oleh punghuni.

“Tidak ada korban karena rumah dalam kondisi kosong. Tapi untuk kerugian materi diperkirakan sekitar Rp150 juta,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, KBB, Siti Aminah Anshoriah saat dikonfirmasi, Kamis 18 April 2024.

Dia menuturkan, petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi 15 menit setelah menerima laporan adanya kebakaran dari seorang warga, sehingga bersama warga langsung berupaya melakukan pemadaman.

Menurutnya, kondisi rumah yang berada di permukan padat penduduk menyebabkan proses pemadaman api cukup terkendala. Namun berkat kesigapan petugas yang dibantu warga api tidak lama berhasil dipadamkan.

“Itu adalah dua rumah satu atap, alhamdulillah rumah yang sebelah masih bisa diselamatkan, dan rumah yang terbakar sedang kosong,” katanya.

Diketahui rumah tersebut milik Uus Mubarok dan luas rumah yang terbakar sekitar 54 meter persegi karena tidak meluas hingga ke rumah sebelahnya.

Armada damkar yang dikerahkan ke lokasi lanjut Siti, berupa 1 unit FT (D 9921 U) dari Mako Cililin dan 1 unit WS (D 9900 U) dari Mako Kota Baru Parahyangan, Padalarang.

“Setelah melakukan size up lapangan dan pendinginan, anggota kami kemudian berkoordinasi dengan masyarakat agar mewaspadai potensi kebakaran yang bisa kapan saja terjadi,” tandasnya. (Wit)

Writer: Suwitno

Tinggalkan Balasan