9 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Ada Jaminan Diijabah Allah

JABAR EKSPRES – Berdoa merupakan bentuk ketaatan kepada Allah, sekaligus penghambaan dan bukti lemahnya manusia dihadapan Allah. Ada beberapa waktu yang sangat mustajab untuk berdoa.

Jika melakukan doa pada waktu-waktu tersebut, maka kemungkinan besar doa akan diijabah oleh Allah.

Dalam ajaran Islam, doa menjadi jembatan antara Manusia dengan Rob-nya. Karenanya doa sangat dianjurkan dilakukan bukan hanya saat kita membutuhkan sesuatu kepada Allah, namun harus setiap waktu kapanpun dan dimanapun.

Baca juga : Baru Tahu, Ternyata ini Adab Berdzikir dan Berdoa yang Benar, Agar Cepat Dikabulkan

Bahkan Allah akan marah jika hambanya tidak berdoa dan meminta kepadaNya.

Ada waktu-waktu tertentu yang dianggap lebih istimewa atau mustajab untuk berdoa, di mana kemungkinan doa-doa tersebut dikabulkan lebih besar.

Inilah 9 waktu mustajab untuk berdoa yang terdapat dalam ajaran Islam:

1. Di antara Adzan dan Iqamah

Ketika adzan telah berkumandang dan sebelum iqamah diberikan, di antara waktu ini adalah momen yang mustajab untuk berdoa. Rasulullah Muhammad SAW bersabda, “Doa antara adzan dan iqamah tidak akan ditolak.”

2. Di Tengah Malam

Waktu antara tengah malam hingga fajar adalah saat di mana langit bumi begitu sunyi dan hati begitu tenang. Berdoa pada saat ini merupakan tanda kesungguhan dan keikhlasan, dan Allah SWT menyukai hamba-Nya yang berdoa di tengah malam.

3. Saat Hujan Turun

Ketika hujan turun adalah saat yang sangat mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW bersabda, “Dua doa yang tidak ditolak adalah doa orang yang dizalimi dan doa orang yang hujan turun.”

Baca juga : Kenali 6 Waktu Mustajab Berdoa, Salah Satunya Bulan Ramadhan

4. Saat Berpuasa

Saat berpuasa, terutama di saat berbuka dan sebelum imsak, adalah waktu yang sangat dianjurkan untuk berdoa. Doa orang yang berpuasa memiliki keistimewaan tersendiri di mata Allah SWT.

5. Saat Sujud

Sujud adalah momen ketika seorang hamba paling dekat dengan Tuhannya. Maka, berdoa di saat sujud adalah waktu yang sangat mustajab.

6. Setelah Shalat Wajib

Setelah menunaikan shalat wajib, dianjurkan untuk berdoa karena saat itu merupakan waktu di mana doa-doa lebih mungkin dikabulkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan