Warga Padalarang Keluhkan Sampah yang Tak Kunjung Diangkut Sejak Lebaran

JABAR EKSPRES – Tumpukan sampah dari rumah tangga masyarakat di Kampung Andir, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pasca lebaran menumpuk hingga meluber ke pinggiran jalan.

Pantauan di sejumlah wilayah di kawasan Kecamatan Padalarang, penumpukan sampah tak hanya terjadi di Kampung Andir. Tetapi di Kampung Sukamulya, Desa Padalarang pun terjadi penumpukan dari sejak Hari Raya Idul Fitri 2024.

Salah seorang warga Kampung Andir, Kartini (27) menuturkan, sampah di wilayahnya sudah dua pekan tak kunjung diangkut oleh petugas kebersihan. Padahal setiap bulan mereka selalu membayar iuran langganan petugas kebersihan.

BACA JUGA: 7 Destinasi Tempat Wisata Terbaru di Bandung yang Instagramable di Tahun 2024

“Sampah sudah menggunung di bak penampungan sampah rumah. Dari sebelum lebaran sampai saat ini belum diangkut,” ujar Kartini kepada wartawan, Rabu (17/4/2024).

Dia pun berharap agar petugas dari dinas kebersihan segera mengangkut sampah-sampah yang sudah menumpuk itu sehingga masyarakat tidak lagi merasa terganggu dengan aroma tidak sedap yang ditimbulkan terlebih tumpukan sampah itu berada di sepanjang jalan gang.

Sampah buangan dari rumah tangga di daerah itu, kata dia, selama ini mereka buang di bak penampungan yang dibuat secara mandiri. Biasanya satu minggu satu kali diangkut sehingga tidak sempat menumpuk serta menimbulkan bau tidak sedap.

BACA JUGA: Dikritik Dewan, Bima Arya Tunda Rencana Promosi dan Rotasi Pejabat di Lingkungan Pemkot Bogor

“Tapi saat lebaran ini sampahnya belum terangkut, enggak tahu karena apa. Apa mungkin masih libur,” imbuhnya.

Senada dikatakan Kartini, warga Kampung Sukamulya, Risma mengatakan, selain penumpukan sampah, minimnya bak penampungan sampah yang disediakan petugas di setiap RW mengakibatkan masyarakat di wilayahnya membuang sampah sembarangan.

“Bagi yang tak miliki bak sampah, masyarakat ini membuang sampahnya dengan cara menggantungkan sampah di besi-besi atau pagar yang tak terpakai. Apalagi pasca lebaran sampah belum diangkut,” paparnya.

Risma berharap Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandung Barat bisa memfasilitasi penyediaan bak sampah bagi masyarakat. Hal ini agar masyarakat di wilayahnya bisa membuang sampah pada tempatnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan