Kenali 6 Modus Penipuan Dengan Menggunakan Pesan WhatsApp yang Sedang Marak

JABAR EKSPRES – WhatsApp yang sangat populer digunakan oleh masyarakat umum, kini mulai dimanfaatkan oleh para scamer untuk melakukan penipuan. Ada beberapa modus penipuan yang mulai marak dilakukan dengan mengggunakan pesan WhatsApp.

Sudah banyak korban yang mengaku dikuras saldo direkeningnya karena tidak sadar kalau menjadi korban penipuan.

Karenanya harus sangat berhati-hati saat mendapatkan pesan berupa file APK dari orang yang tidak dikenal. Pasalnya para penipu ini mengirimkan pesan secara random kenomer HP orang lain yang mereka dapatkan secara acak.

Tujuannya agar penerima pesan mengklik dan mendownload file kemudian tanpa sadar menginstal aplikasi jahat di HP-nya, sehingga penipu mendapatkan akses ke akun finansial seperti e Wallet atau Mobile Banking.

Baca juga : Baru Rilis! Aplikasi Chat GPT 4 Apakah Aman atau Penipuan? Ini Faktanya

Setelah itu mereka leluasa untuk mengambil dan menguras habis saldo yang dimiliki korban, penipuan seperti ini disebut dengan phising.

Ada beberapa modus operandi dari penipuan phising melalui WhatsApp, diantaranya :

1. File Undangan Nikah

Penipuan ini sempat jadi banyak perbincangan karena banyaknya pengguna WhatsApp yang mendapatkan. Mereka dikirimi file apk oleh orang yang tidak dikenal yakni sebuah undangan pernikahan.

File atau aplikasi denga judul Surat Undangan Pernikahan Digital berukuran 6,6 mb. Para penipu mengajak korbannya membuka file untuk mengecek kebenaran file di dalamnya.

2. Pengumuman dari Bank

Penipuan lain adalah membuat pengumuman yang seakan berasal dari bank. Isinya mengenai perubahan tarif transaksi dan transfer yang tidak masuk akal.

Pengguna WhatsApp akan diberikan link untuk mengisi formulir. Link tersebut akan membuat data mereka dicuri para pelaku.

3. Surat Tilang Palsu

Sejumlah warganet juga mendapatkan dirinya dikirimi surat tilang palsu. Terdapat file apk berjudul ‘Surat Tilang-1.0 apk’ dalam chat tersebut.

Baca juga : Awas! Modus Jasa Tarik Saldo Smart Wallet, Roy Shakti: 100% Penipuan

4. Pengiriman paket

Penipuan modus ini bisanya mengaku dari jasa pengiriman, dan mengirimkan file berupa foto paket dengan tulisan LIHAT FITO PAKET. Sehingga penerima pasti ingin mengkliknya. Apalagi yang memang sedang menunggu pengiriman paket.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan