Jadwal UTBK SNBT 2024 Gelombang 1 dan 2, Cek Kisi-Kisi Materinya

JABAR EKSPRES – Berikut informasi jadwal UTBK SNBT 2024 gelombang 1 dan 2, lengkap dengan kisi-kisi materinya.

Para peserta UTBK SNBT 2024 kini tinggal menantikan saat-saat untuk mengikuti ujian. Penting untuk mengetahui jadwal dan materi yang akan diujiankan dalam UTBK SNBT 2024.

Jadwal UTBK SNBT 2024 Gelombang 1 dan 2

Pada tahun 2024, jadwal UTBK-SNBT telah diumumkan untuk para calon mahasiswa yang ingin mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi.

Pelaksanaan UTBK untuk Gelombang 1 akan dilaksanakan pada tanggal 30 April dan 2 – 7 Mei 2024, sedangkan untuk Gelombang 2 akan berlangsung pada tanggal 14 – 20 Mei 2024. Ini merupakan momen penting bagi para calon mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menghadapi ujian tersebut, sebagai langkah awal untuk meraih cita-cita dan mengejar pendidikan yang lebih tinggi.

Sementara itu, pada tanggal 13 Juni 2024, dijadwalkan untuk pengumuman hasil SNBT secara resmi, sehingga memberikan pengetahuan yang ditunggu-tunggu bagi para peserta ujian.

Setelah pengumuman tersebut, masa unduh sertifikat UTBK dimulai dari tanggal 17 Juni hingga 31 Juli 2024.

Materi UTBK SNBT 2024

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Ujian dalam bagian TPS ini yaitu:

– kemampuan penalaran umum

– kemampuan kuantitatif

– pengetahuan dan pemahaman umum

– kemampuan memahami bacaan dan menulis

– kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar

BACA JUGA : UTBK SNBT 2024: Pendaftaran, Aturan Berpakaian, dan Cara Download Kartu Peserta 

2. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Mengukur keterampilan dalam memahami, menerapkan, menilai, dan merefleksikan berbagai jenis teks guna menyelesaikan permasalahan dan meningkatkan kemampuan individu sebagai anggota masyarakat Indonesia dan dunia, dengan tujuan agar dapat berperan aktif dalam memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat.

3. Penalaran Matematika

Mengukur keterampilan berpikir dalam menerapkan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari dalam beragam konteks yang relevan bagi individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

BACA JUGA: 5 PTN di Jawa yang Masih Buka Jalur Mandiri Sampai Bulan Juli Pakai UTBK dan Lewat Tes, Cek Jadwalnya Disini!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan