Hari Terakhir Imbauan Simpatik, Ini Langkah Pemkot Antisipasi Pendatang

JABAR EKSPRES  – Imbauan simpatik atau kegiatan untuk mendata para penduduk pendatang yang akan tinggal sementara atau tidak menetap di Kota Bandung ini, terus dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), hingga Selasa (16/4) hari ini.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan Disdukcapil, Arief Budiman mengatakan, kegiatan itu termasuk untuk memastikan kelengkapan dokumen identitas penduduk pendatang serta maksud kedatangannya ke Kota Bandung.

“Ini rutin kegiatan pasca Hari Raya Idul. Pendataan ini untuk mendata penduduk non permamen. Penduduk yang secara fisik ada di Kota Bandung, tetapi administrasi kependudukan luar kota,” kata Arief kepada wartawan, Selasa (16/4).

“Dan ini adalah untuk perencanaan pembangunan di Kota Bandung. Paling tidak mereka itu akan membutuhkan air bersih, butuh sandang, papan, dan seperti itu,” tambahnya.

BACA JUGA: Diduga Jadi Korban Pembunuhan, Honorer BKIPM Bandung Ditemukan Tewas Terkubur di Dapur Rumahnya

Dia menuturkan, sementara ini imbauan Simpatik tersebut dilakukan di sejumlah terminal. Diantaranya Terminal Cicaheum, Leuwipanjang, dan Stasiun Keretaapi Kiaracondong.

“Jadi imbauannya kalau di tiga ini, mungkin kalau di terminal seremonialnya nanti ditindaklanjuti di kewilayahan. Kemarin itu pendatang semuanya didata. Tetapi tidak akan 100 persen terjaring,” ujarnya.

“Karena kan bus-bus itu sudah ada pool masing-masing. Tidak semuanya ke terminal. Tiap-tiap travel punya pool masing-masing itu,” pungkasnya.

Diketahui, imbauan simpatik dalam rangka Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 74 Tahun 2022 tentang Pendaftaran Penduduk Non Permanen, sekaligus mendata penduduk non permanen di Kota Bandung pasca Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Writer: Muhammad Nizar

Tinggalkan Balasan