Mengenal Ekonomi Biru yang Masuk Sasaran Pokok Rancangan RPJPD 2025-2045 Jabar

JABAR EKSPRES – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) tengah menggodok Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025 – 2045. Berdasar ringkasan eksekutif yang diterbitkan, salah satu sasaran pokok Provinsi Jabar pada periode itu adalah terwujudnya ekonomi biru.

Kepala Bappeda Jabar Iendra Sofyan menguraikan, yang dimaksud ekonomi biru berkaitan dengan pengelolaan sumber daya laut secara berkelanjutan. “Sesuai UU Ciptakerja, pengelolaan wilayah 12 mil laut ikut jadi tanggung jawab Provinsi. Makanya perencanaan pembangunan bukan hanya di darat tapi juga laut,” katanya saat ditemui Jabar Ekspres beberapa hari lalu.

Iendra melanjutkan, ekonomi biru itu juga berkaitan dengan sejumlah indikator kinerja makro daerah. Misalnya seputar masalah Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), kemiskinan, maupun Rasio Gini.

BACA JUGA: Yakin Doi Jujur? Coba Buktikan Melalui Link Tes Kejujuran Google Form Terbaru 2024 Gratis

Wilayah pesisir di Jabar sendiri masih menjadi masalah yang cukup komplek atas sejumlah capaian indikator itu. “Nelayan di Jabar juga belum sepenuhnya makmur. Makanya butuh strategi pembangunan yang komprehensif,” terangnya.

Iendra menjabarkan, ada beberapa tahapan dalam pencapaian pembangunan ekonomi biru tersebut. Tahap 2025 – 2029/2030 sebagai tahapan penguatan ekosistem bisnis ekonomi biru.

Tahap 2029/2030 – 2035 menjadi tahap perluasan akselerasi ekonomi biru di Jabar. Lalu tahap 2036 – 2040 sebagai masa peningkatan kontribusi dan daya saing ekonomi biru ke pasar global. Dan terakhir sebagai tahap ekonomi biru yang inklusif maju dan berkelanjutan.

Menurut Iendra, RPJPD memang masih berisi gambaran dan arah kebijakan secara umum. Sehingga memang belum sampai keluar program kegiatan dan alokasi anggaran. “Itu (Program kegiatan dan anggaran.red) akan dirancang dalam RPJMD,” tuturnya.

BACA JUGA: 143.800 Kendaraan Melintasi Jalur Nagreg, Puncak Arus Balik Terjadi H+4 Lebaran

Masih kata Iendra, RPJPD ini juga penting dipahami para calon Gubernur Jabar. Karena mereka akan menyusun sejumlah visi misi yang berkaitan dengan tahapan RPJPD sesuai periodenya.

Saat ini RPJPD juga masih digodok. Nanti jika sudah tahap final juga akan disampaikan ke DPRD Jabar. Penyusunan dokumen RPJPD juga mengacu rancangan perencanan dari pemerintah pusat.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan