111 Ribu Kendaraan Melintasi Puncak, Polisi Berlakukan Sistem Dua Arah

JABAR EKSPRES – Arus lalu lintas di kawsasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor H+4 lebaran didominasi kendaraan yang turun dari arah atas (Puncak) menuju bawah (Jakarta).

Polisi mencatat ada sebanyak 111.479 ribu kendaraan yang melintas di jalur wisata Puncak.

Di antaranya, kendaraan yang mengarah ke dari atas puncak menuju simpang Gadog sebanyak 66.632 ribu, sedangkan kendaraan yang naik ke arah puncak sebanyak 44.847 ribu kendaraan.

BACA JUGA: Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Tol Cisumdawu Ramai Lancar: Seperti di Swiss

Wadirlantas Polda Jabar AKBP Edwin Afandi mengatakan, kepadatan hari ini terurai di sekitar pukul 19.00 WIB. Setelah melakukan one way arah bawah (Jakarta) pukul 11.00 WIB.

“Kita kemudian mempertimbangkan untuk memberlakukan dua arah di kawasan wisata Puncak dikarenakan arus lalu lintas yang ke arah puncak pun sudah ada,” katanya kepada media, Minggu (14/3).

Edwin menambahkan, untuk hari besok diprediksi akan terjadi peningkatan arus dari arah Puncak menuju Jakarta.

BACA JUGA: 2 Remaja Tenggelam di Situ Cileunca Bandung, Tim Gabungan Berhasil Temukan Satu Korban di Hari ke-5 Pencarian 

“Ini kan gabungan antara wisata dan arus balik masyarakat, untuk itu kami memprioritaskan kendaraan yang dari arah Puncak menuju Jakarta, Karena masih banyak masyarakat diatas,” tambahnya.

Kendati begitu, rekayasa yang akan diterapkan pada besok hari yakni ganjil-genap. Hal itu dilakukan guna mengurangi kepadatan jumlah kendaraan.

“Untuk pelaksanaan ganjil-genap kita akan tetap laksanakan kemudian kita juga tetap akan melaksanakan pergelaran personil maksimal untuk menggelar pagar betis di lokasi lokasi rawan kepadatan karena kita memprediksikan besok masih terjadi lonjakan roda dua yang akan melintas di kawasan wisata Puncak,” pungkasnya. (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan