Terungkap! Bahaya Diet Barat Bisa Merusak Fungsi Memori Anda

JABAR EKSPRES – Dalam sebuah studi terbaru, para peneliti menemukan bahwa konsumsi awal diet Barat — yang ditandai dengan tingginya kandungan makanan olahan, lemak jenuh, dan gula sederhana — dapat menyebabkan defisit berkepanjangan dalam memori episodik yang bergantung pada hippocampus, meskipun tidak menyebabkan obesitas atau disfungsi metabolik.

Penelitian ini menekankan peran penting diet dalam kesehatan otak, terutama selama tahap perkembangan awal, dan menunjukkan sinyal asetilkolin di hippocampus sebagai mediator potensial dari gangguan memori yang berkepanjangan. Temuan ini telah dipublikasikan di jurnal *Brain, Behavior, and Immunity*.

Penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan antara konsumsi diet Barat dan berbagai masalah kognitif. Namun, mekanisme yang menjelaskan bagaimana kebiasaan diet ini menyebabkan penurunan kognitif tertentu, seperti hilangnya memori, masih belum jelas. Studi baru ini dimotivasi oleh tujuan yang lebih luas untuk memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti ke dalam strategi kesehatan masyarakat yang bertujuan mencegah penurunan kognitif.

“Selain mempromosikan obesitas dan disfungsi metabolik, diet tinggi lemak jenuh, gula tambahan, dan makanan olahan dapat menyebabkan gangguan memori. Kami tertarik untuk memahami mekanisme neurobiologis yang mendasari hubungan ini,” kata penulis studi Scott E. Kanoski, seorang profesor biologi manusia dan evolusi di University of Southern California.

Baca juga: Musik dan Gangguan Kepribadian Borderline: Sebuah Studi Baru Menemukan Kaitan yang Menarik

Untuk mengeksplorasi efek jangka panjang dari diet Barat sejak awal kehidupan pada fungsi kognitif, para peneliti menggunakan tikus jantan Sprague Dawley, yang dipilih karena respons mereka yang terdokumentasi dengan baik dalam penelitian diet dan kognitif.

Studi ini dimulai ketika tikus berusia 25 hari, periode kritis untuk perkembangan. Regimen diet dirancang untuk meniru profil nutrisi diet Barat, yang ditandai dengan tingginya lemak, gula, dan makanan olahan. Para peneliti menggunakan model diet gaya kafetaria, memberikan tikus akses bebas memilih berbagai makanan tinggi lemak, tinggi gula, dan minuman, di samping pakan standar untuk hewan kontrol.

Para peneliti menemukan bahwa tikus yang diberi diet Barat selama perkembangan awal menunjukkan defisit signifikan dan berkepanjangan dalam memori episodik yang bergantung pada hippocampus, dengan gangguan pada sinyal asetilkolin di hippocampus sebagai mediator potensial.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan